RAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota berharap agar masyarakat baik personal maupun secara kelembagaan dapat menjadi agen literasi untuk menjadi penggerak peningkatan minat dan budaya baca, serta meningkatkan kesejahteraan.

“Harapan yang kami inginkan, adalah seluruh masyarakat baik personal ataupun lembaga harus menjadi agen literasi, yaitu menjadi motor penggerak peningkatan minat dan budaya baca, serta meningkatkan kesejahteraan,” kata Jabatan Fungsional Pustakawan Ahli Muda Disperpusip , Endah Rahmawati, Senin (23/10/2023).

Ia mengatakan, saat ini sudah terbentuk komunitas pegiat literasi, yang kegiatannya meliputi peningkatan minat baca di Kota Palu dan sudah mengalami peningkatan.

Adapun tantangan dihadapi, yakni terkait adanya pengaruh buruk media di kalangan masyarakat, menghadapi hal tersebut Disperpusip Kota Palu membuat literasi , termasuk pada koleksi bahan pustaka sudah .

“Kemudian, juga ada kegiatan yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dalam pemanfaatan digital literasi, termasuk peningkatan literasi melalui kegiatan yang menggandeng para pelaku UKM yang dapat bersinergi dengan kegiatan literasi, intinya dapat meningkatkan income pada masyarakat,” jelasnya.

Contohnya, kata dia, membuat -pelatihan yang berkaitan dengan pemanfaatan bahan baku daur ulang sampah dan pelatihan-pelatihan yang lokusnya tidak jauh dari tujuan utama, yaitu memanfaatkan perpustakaan sebagai satu lembaga yang dapat menjadi tempat untuk melaksanakan kegiatan literasi.ULU