RAYA – Cabang olahraga (cabor) sepak bola Sulawesi Tengah berhasil lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan berlangsung pada 5 hingga 19 September 2024 mendatang.

Mendapat kabar gembira itu, Wali Kota , , sekaligus Ketua Asprov Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulteng, secara khusus mengundang para atlet pra-PON Sepak Bola Sulteng di rumah jabatannya, Jalan Balai Kota, , Selasa (24/10/2023).

“Tidak ada kata yang bisa sampaikan, melainkan setinggi-tingginya dengan ucapan terima kasih atas perjuangan yang luar biasa, yang telah kalian (para atlet, red) lakukan untuk daerah ini,” ungkap Wali Kota Hadianto.

Menurutnya, pencapaian diraih Tim Pra-PON Sepak Bola Sulteng tersebut, merupakan penantian selama 15 tahun, karena tidak pernah lolos ke ajang PON.

“Terima kasih juga kepada pelatih Zulkifli Syukur yang merupakan mantan pemain Timnas yang telah melatih anak-anak kita dengan baik. Alhamdulillah baru kali ini kita bisa lolos kembali ke ajang PON,” kata wali kota.

Ia berharap, keberhasilan cabor sepak bola Sulteng lolos PON XXI Aceh-Sumut menjadi momentum baik bagi persepakbolaan di Sulteng, sekaligus dapat menunjukkan Sulteng memiliki bibit-bibit pemain sepak bola luar biasa.

“Dalam pertandingan harus lebih tenang. Belajar lihat bagaimana pemain-pemain dunia bermain,” pesannya.

Sebagai tambahan, PON XXI Aceh-Sumut adalah penyelenggaraan ke-21 dari  PON sebagai ajang multi-olahraga nasional utama dijadwalkan berlangsung dari 5 hingga 19 September 2024.

Edisi kali ini menandai pertama kalinya PON diselenggarakan dua provinsi sekaligus, juga menandai kedua kalinya diadakan di Sumut. Sebelumnya, Sumut sempat menjadi tuan rumah PON pada 1953. Sedangkan Aceh menjadi pertama kalinya menjadi tuan rumah PON.

PON 2024 merupakan keempat kalinya diadakan di Sumatera. Sebelumnya Medan 1953Palembang 2004Pekanbaru 2012 dan pertama kali sejak 2012.

Provinsi termuda, Papua Barat DayaPapua PegununganPapua Tengah dan Papua Selatan akan memulai debutnya di ajang PON XXI ini.

PON 2024 juga memperingati 20 tahun bencana tsunami Aceh dan Sumatera Utara, yang terjadi pada 26 Desember 2004.HGA