RAYA – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai, Lesmana Kulab, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kolaborasi Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional yang digelar di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Berdasaarkan dari DKISP Banggai, bahwa Rakornas itu menjadi agenda penting untuk membahas strategi dan kerjasama dalam mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Bupati Banggai bergabung dengan para pemangku kebijakan dari berbagai daerah dalam upaya meningkatkan efisiensi, transparansi dan aksesibilitas dalam pelayanan publik melalui teknologi.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria mengatakan, kolaborasi dan sinergisme menjadi kunci dalam penerapan SPBE. “Pelaksanaan SPBE sesuai amanat Perpres SPBE harus dilaksanakan dengan mengedepankan beragam prinsip antara lain meliputi keterpaduan, kesinambungan, efisiensi serta interoperabiltas. Sehingga, kolaborasi dan sinergisme tentu menjadi kunci dalam implementasi SPBE yang terpadu,” kata Nezar.

Ia menekankan, dalam mempercepat implementasi SPBE, setiap kementerian dan lembaga memerlukan orkestrasi dengan kewenangan yang jelas, terarah dan terukur. Sekaligus memastikan kapasitas sumber daya masyarakat dan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan infrastruktur maupun sistem SPBE yang dibangun pemerintah. “Olehnya itu, Kementerian Kominfo siap berkolaborasi dengan kementerian, lembaga, serta stakeholders terkait untuk menyelenggarakan SPBE dan menghadirkan kebijakan penunjang pelaksanaan SPBE sesuai koridor hukum yang berlaku,” terangnya.

Diketahui, kegiatan Rakornas itu menandai komitmen Kabupaten Banggai dalam berperan aktif dalam kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk pemerintahan yang lebih efisien dan modern. Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Brida, Kepala BKPSDM dan Kepala Bidang E-Goverment DKISP Kabupaten Banggai. */MAN