RAYA- Satgas Satuan Tugas Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap (P4GN) bersama Badan Narkotika Nasional () Kota mengadakan kegiatan deteksi dini melalui tes urine yang diikuti segenap civitas akademika, diantaranya Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan serta Kepala Biro.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Untad pada Jumat (20/10/2023) pagi tersebut turut dihadiri  Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) , AKBP Dr. Baharuddin SE, M.Si.

Kepala BNN Kota Palu AKBP Dr. Baharuddin SE, M.Si menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan ini di perguruan tinggi untuk pencegahan bahaya narkoba di Untad.

“Narkoba merupakan salah satu kejahatan luar biasa di Indonesia, sebab dapat merusak semua kalangan tanpa mengenal status dan gender. Mulai dari orang biasa hingga pejabat tidak luput dari bahaya narkoba ini. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi Rektor Untad yang menginisiasi kegiatan ini di Universitas Tadulako melalui tes urine kepada target 100 orang civitas akademika Untad. Semoga kampus Untad menjadi kampus yang bersih dari Narkoba,” papar Dr. Baharuddin.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT., selaku Rektor menuturkan bahwa momen ini merupakan bentuk komitmen Untad untuk ambil bagian dalam pemberantasan bahaya narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) ditingkat perguruan tinggi.

“Usai pelaksanaan kegiatan senam sehat pagi ini, kegiatan kita dilanjutkan dengan tes narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA). Kegiatan ini sejak Juli lalu telah dilaunching oleh pihak Kementerian dengan target 1.500 orang di tingkat perguruan tinggi, namun sejauh ini masih mencapai 300 orang yang telah di tes urine. Sehingga pihak Untad ikut ambil bagian dalam kegiatan ini sebagai pencegahan bahaya NAPZA ditingkat perguruan tinggi,” ujar Prof. Amar.

Usai sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan deteksi dini melalui Tes Urine yang diikuti segenap civitas akademika (Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan serta Kepala Biro).

Pada kesempatan lainnya, Dr. dr. Ketut Suarayasa, M.Kes selaku Ketua Satgas P4GN Untad menyampaikan bahwa sejauh tes ini berlangsung, sudah 80 orang civitas akademika Untad yang telah mengikuti tes urine ini.

“ Saat ini sudah 80 orang civitas akademika Untad yang mengikuti tes urine dan sejauh ini hasilnya negative. Kami berharap target kami (sebanyak 100 orang) dapat selesai hari ini dan semua hasilnya negative,” ujar dr. Ketut Suarayasa.*ENG