RAYA – Laga Persipal Babel United () melawan Persiba Balikpapan yang berlangsung di Stadion Gawalise , Kamis (19/10/2023) sore berakhir imbang 2-2. Laga ini  merupakan pertandingan terakhir untuk putaran pertama Liga 2 tahun 2023/2024.

Tuan rumah Persipal BU yang diprediksi bisa mengatasi perlawanan juru kunci Grup IV Persiba Balikpapan, justru tertinggal lebih dulu melalui gol Fauqa Nurikhsan menit ke 8 dan Ardi Ardiana menit ke 17.  Tuan rumah berhasil memperkecil ketertingalan melalui gol Irvan Mofu menit ke 19.  

Melihat timnya tertinggal, Pelatih Persipal BU, Bambang Nurdiansyah (Banur) melakukan rotasi dini dalam skuadnya. Pertandingan baru berjalan 26 menit, Coach Banur langsung menarik dua pemain karena dinilai belum maksimal.

Hasilnya, Persipal BU dapat menambah daya gedor, dan terus menyerang Persiba. Sementara Persiba sendiri, hanya mengandalkan serangan balik untuk mempertahankan keunggulan. Persipal BU akhirnya bisa menyamakan kedudukan menit 89 melalui tendangan bebas yang dieksekusi dengan baik oleh Irvan Mofu. Brace dari Irvan Mofu ini menyelamatkan wajah tuan rumah dari kekalahan.

Usai pertandingan, Coach Banur mengatakan bersyukur bisa terhindar dari kekalahan di kandang. Menurutnya, Persipal tidak diperkuat oleh dua pilar asingnya,  namun secara permainan sudah baik, meski hasilnya mengecewakan.  Banur juga mengapresiasi  pemainnya yang sudah bermain maksimal dan tampil all out.

Di putaran kedua, Coach Banur mengatakan akan melakukan evaluasi dan berharap tidak ada lagi hasil draw di kandang.

Sementara itu, Pelatih Persiba Nil Maizar mengatakan, pemainnya sudah bekerja keras di lapangan. Seharusnya, kata dia, Persiba bisa menang, karena pemain bekerja keras dan tampil secara spartan. Nil Maizar juga mengaku kesal dengan wasit yang membiarkan terlalu banyak pelanggaran terjadi di lapangan.

Dengan hasil imbang ini, Persipal BU tetap di posisi kedua dengan 9 poin, sementara Persiba Balikpapan tetap menjadi juru kunci dengan 5 poin. WAN