SULTENG RAYA – Yayasan Baitull Maal () Regional Manado meresmikan bantuan gedung Balai Rakyat Indonesia untuk Pondok Pesantren Hidayatullah di Jalan Uwe Buro, Kelurahan Tondo, Kota Palu, Kamis (12/10/2023).

Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah Palu, Ust. Firdaus, dalam sambutan mengucapkan rasa terima kasih kepada Regional Manado dan Palu, serta Branch Office Palu karena telah mempercayakan salah satu alokasi bantuannya di lokasi Ponpes itu.

Penandatanganan prasasti oleh Branch Office Head BRI Palu. FOTO: ISTIMEWA

Menurutnya, gedung tersebut memang sangat dibutuhkan karena Ponpes Hidayatullah Palu menjadi salah satu yang terdampak bencana 2018 silam dan membutuhkan bantuan recovery bangunan yang luluh lantak kala itu.

“Kami berterima kasih tentunya atas program ini, bahwa sejak pasca-bencana 2018, setidaknya ada enam bangunan kami di pesisir hilang tersapu tsunami, kemudian tidak lama dari itu, alhamdulillah Allah SWT menggantinya dengan bangunan yang lebih bagus yang juga dibantu oleh Yayasan BRILIan ini,” katanya.

“Kami sekali lagi tidak bisa menahan rasa haru kami, bahwa semua apa yang terjadi pada kita itu, ada hikmah dibaliknya. Allah SWT memberikan yang dibalik itu, termasuk pada kesempatan ini. Kami berterima kasih kepada dan YBM yang berkenan menempatkan salah satu bantuannya di tempat kami,” ujarnya menambahkan.

Gedung itu, kata dia, nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan pondok pesantren dan pihaknya selalu membuka diri bersinergi dengan pemerintah setempat jika membutuhkan lokasi berkegiatan.

Gedung Balai Rakyat Indonesia di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Palu. FOTO: ISTIMEWA

“Kami di Pondok Pesantren Hidayatullah ini selalu bersinergi dengan pejabat setempat, sering berkegiatan disini. Kami selalu bersinergi sehingga ini sangat membantu, kiranya semoga Gedung Balai Rakyat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat dan pondok secara khusus,” katanya.

Ia berharap, sinergi yang terbangun dengan YBM BRILian Palu terus berkesinambungan. Sebab, kata dia, Ponpes Hidayatullah Palu belum sepenuhnya kembali pada bangunan yang sempurna seperti sedia kala, masih banyak ruang kelas belum dibangun sehingga santri-santi harus memanfaatkan areal luar untuk mengenyam pendidikan agama.

“Hari ini, kami kekurangan ruangan kelas, beberapa anak-anak kami kelas belajarnya di teras-teras masjid, kiranya ini juga menjadi hal yang bisa dilihat sebagai satu hal yang mungkin perlu dibantu,” tuturnya.

Sementara itu, Pembina YBM BRILian Palu sekaligus Branch Office Head (BOH) BRI BO Palu, Budi Prastiyanto, juga menyampaikan rasa syukur atas diresmikannya bantuan YBM BRILian di Ponpes tersebut. Ia berharap, bantuan itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengelola Ponpes Hidayatullah Palu sehingga membawa manfaat besar bagi pendidikan di Ponpes itu.

“Semoga membawa manfaat untuk kita semua, membawa kebaikan untuk kita. Sekali lagi, saya ucapkan selamat atas launching gedung Balai Rakyat Indonesia yang disponsori oleh YBM BRILian Regional Manado dan Cabang Palu, mohon doanya, kegiatan ini akan berlangsung secara berkesinambungan,” tutup Budi Prastiyanto. RHT