RAYA – Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPL) melaksanakan Workshop program Detasering 2023 yang diikuti oleh Dosen dan tenaga pendidik selama lima hari, Senin-Jumat (25 – 29/9/2023).

Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama STPL Palu, Yeldi S Adel mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari evaluasi dan finalisasi program pembelajaran, dimana sebelumnya STPL Palu telah ditetapkan sebagai salah satu perguruan tinggi penerima program detasering 2023 oleh Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Secara umum, kata dia, program Detasering bertujuan mendorong perguruan tinggi Pertisas agar dapat bertransformasi dalam mencapai visinya, sehingga mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi yang relevan dengan dinamika masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Hal itu ditandai dengan meningkatnya kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan tinggi, meningkatnya kualitas dosen dan tenaga kependidikan, serta terwujudnya tata kelola yang berkualitas,” katanya kepada Sulteng Raya, Selasa (26/9/2023).

Namun secara khusus, program itu ditujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Pertisas, baik secara umum maupun untuk mata kuliah tertentu melalui proses pembinaan dan kompetensi dosen pengampu.

Selain itu juga meningkatkan iklim akademik dan keterampilan dosen Pertisas dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, meliputi penyusunan proposal, pelaksanaan, pelaporan serta penulisan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, melengkapi dan menyempurnakan berbagai kelengkapan dokumen institusi di Pertisas melalui proses pendampingan dan pelatihan yang dilakukan Detaser, membangun jejaring kerja sama antara Pertisas dengan berbagai lembaga lain termasuk dengan Pertisum asal Detaser dan membantu Pertisas dalam menyusun kebijakan pelaksanaan Program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

“Kegiatan ini sangat penting dan sejalan dengan apa yang telah di lakukan selama ini terutama dari segi kurikulum yang saat ini sedang dijalkankan yaitu kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah melalui Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk dibina melelui program datasering tahun 2023,” ucapnya. JAN