SULTENG RAYA – Pasangan Calon Putri Syakila Natasya dan Moh. Rafi terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 17 melalui pemilihan langsung dan demokratis yang dilaksanakan Kamis (24/8/2023) lalu.

Pada Pemilihan Ketua OSIS  (Pilketos) itu, Putri Syakila Natasya dan Moh. Rafi yang mendapatkan nomor 02 unggul jauh atas kedua kompetitornya.

Pilketos yang dilaksanakan layaknya pemilihan kepala daerah itu diikuti oleh tiga pasangan calon. Hasilnya paslon 01 Anugrah Dwi Putra dan Salsa Febrilita Anastasaya meraih 26 suara, paslon 02 Putri Syakila Natasya dan Moh. Rafi meraih 182 suara, serta paslon 03 Asifa dan Asyifa Salsabila Arham meraih 137 suara.

Usai ditetapkan sebagai Ketua OSIS terpilih,  Putri Syakila Natasya mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman yang mempercayakan amanah itu. Dia berharap seluruh siswa bisa bekerja sama dan mensukseskan program-program OSIS untuk meraih prestasi di SMP Negeri 17 Palu.

Paslon Putri Syakila Natasya dan Moh. Rafi mengusung motto menjadi contoh yang baik terhadap siswa SMP Negeri 17 Palu. 

Sementara itu, Kepala  SMP Negeri 17 Palu, Hadijah Muchsen P, S.Pd, M.Pd mengatakan, Pemilihan Ketua OSIS ini merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui program Suara Demokrasi.

“Saat ini, untuk kelas VII dan kelas VIII sudah menerapkan Kurikulum Merdeka.  Salah satu tema dalam P5 itu adalah Suara Demokrasi. Program ini kami ambil karena kebetulan ada pergantian pengurus baru di OSIS,”jelas Kepsek Hadijah Muchsen.

Menurutnya, dalam menjalankan kurikulum merdeka pihak sekolah memang diharapkan bisa bermitra dengan lembaga-lembaga yang berkaitan dengan program suara demokrasi.

“Makanya kami mengandeng dalam pemilihan Ketua OSIS ini,”jelasnya.

Melalui pemilihan OSIS secara langsung ini, Hadijah Muchsen berharap siswa bisa belajar cara berdemokrasi mulai dari lingkungan sekolah.

“Untuk menjadi seorang pemimpin itu, memang harus banyak menjalin komunikasi dengan teman-teman, serta harus belajar bertanggungjawab dalam menjalankan amanah. Semoga Ketua OSIS yang terpilih bisa memotivasi teman-temannya, bagaimana cara berorganisasi dengan baik,” harapnya. *WAN