SULTENG RAYA – Bupati Banggai H. Amirudin Tamoreka menghadiri kegiatan Site Visit Sumur Eksplorasi East Walai-001, Courtesy Visit penyampaian rencana kerja eksplorasi 2023-2025 yang diselenggarakan oleh SKK MIGAS di Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai, Rabu (16/8/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf, Dirut PT. EP Cepu Endro Hartanto, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalimantan-Sulawesi Azhari idris, GM Zona 13,PDSI, Kabag Hukum, Kabag SDA, Camat Toili, Camat Toili Barat, Forkopimcam dan Kades Uwelolu.
Kegiatan itu dilaksanakan untuk peninjauan lapangan yang dirangkaikan dengan peresmian pengeboran sumur Eksplorasi East Wolai-001 di Desa Uwelolu Kecamatan Toili Barat dan ke PT. Pertamina EP Donggi Matindok Field di Desa Nonong Kecamatan Batui Selatan. Selanjutnya dilanjutkan dengan rapat pembahasan progres pembangunan PLTG Desa Nonong 40 MW bersama perwakilan Pusat dan Pimpinan PLNE dengan target running test di akhir bulan Oktober 2023 dengan kapasitas 16 MW dengan dukungan 2 unit mesin plan turbin PLTG yang akan dioperasikan dan capaian terakhir dilanjutkan sampai mencapai target 40 MW.

Dalam sambutannya Bupati Banggai menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dan masyarakat mengucapkan selamat datang kepada semuanya baik yang sudah lama berkenalan maupun yang baru datang di Kabupaten Banggai. “Insya Allah Pemkab Banggai mendukung sepenuhnya kegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang dilaksanakan di daerah ini. Karena ketika saya menjadi Bupati, pertumbuhan ekonomi kita Minus 2,5 persen dan pada hari ini berdasarkan data dari BPS pertumbuhan ekonomi kita tumbuh menjadi 7 koma sekian persen,” kata Bupati.

Di tahun pertama ketika kita mengalami -19 kata Bupati, angka pertumbuhan ekonomi kita dari Minus 0,2 persen menjadi 2 persen. Penyumbangnya adalah yang terbesar, kemudian masuk di tahun kedua angka pertumbuhan ekonomi kita menjadi 7 koma sekian persen dan penyumbang utamanya adalah DBH Migas. “Saya sangat mendukung pelaksanaan eksplorasi ini untuk melihat potensi yang ada di wilayah Kabupaten Banggai yang mana selanjutnya dapat dikelolah untuk kesejahteraan masyarakat setempat dan bangsa ini,” ujarnya.

Sebuah daerah itu akan maju lanjutnya, jika ada karena APBD kita hanya sedikit untuk pembangunan di sektor , perkebunan, perikanan, infrastruktur, peningkatan UMKM. Begitu juga masalah pemadaman listrik yang sasarannya pasti ke Pemkab Banggai untuk segera dituntaskan. “Olehnya itu, Pemkab dan masyarakat harus mendukung pelaksanaan ekplorasi ini agar wilayah kita lebih maju dan berkembang sehingga warga masyarakat dapat lebih sejahtera,” tutur Bupati.

Karena sambung Bupati, kita di Banggai ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, sehingga patut untuk dikelolah dengan baik demi kesejahteraan masyarakat. Yang pasti anak cucu kita dapat bersekolah dengan baik dan memberikan kontribusi bagi negara. “Dengan hadirnya perusahaan-perusahaan besar ini masuk untuk mengelola sumber daya alam yang ada, dan pastinya kehadiran perusahaan ini akan menciptakan sumber daya manusia dari anak-anak di daerah kita ini. Agar dapat menjadi tenaga-tenaga profesional yang memiliki skill di bidang khusus ini kedepanya,” terangnya.

Jadi untuk mengelola di negeri sendiri tambahnya, ia mengajak kepada seluruh stakeholder yang ada untuk memberi pemahaman kepada masyarakat agar investasi ini dapat berjalan dengan baik. */MAN