RAYA – Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Pengolahan Naskah Nusantara Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Agus Sutoyo meluncurkan program Satu Kartu Terintegrasi (Sakti) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, yang digelar di ruang rapat umum kantor Bupati Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Selasa (15/8/2023).

Dalam kegiatan itu, Perpusnas RI bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Kabupaten Banggai berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses layanan perpustakaan baik di pusat maupun di daerah.

Program prioritas nasional yang pertama kali diluncurkan pada Juni 2021 lalu itu, merupakan kartu layanan perpustakaan dengan pelayanan terpadu berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mengintegrasikan layanan perpustakaan di pusat maupun di daerah.

Dalam sambutannya Agus Sutoyo mengatakan, melalui kartu Sakti ini anggota perpustakaan di daerah dapat mengakses koleksi yang dimiliki Perpusnas maupun perpustakaan mana saja yang telah mengadopsi program Sakti tanpa harus datang ke Perpusnas di Jakarta. “Jadi, pinjam buku dari Perpusnas Jakarta bisa dikembalikan ke Dispusaka Kabupaten Banggai,” terang Agus Sutoyo.

Sementara, Wakil Bupati (Wabup) Banggai H. Furqanuddin Masulili sangat mengapresiasi kepada Perpurnas RI yang telah memilih Kabupaten Banggai sebagai salah satu tempat diluncurkannya program Sakti. “Semoga program ini makin meningkatkan gairah membaca masyarakat di era ini,” kata Wabup.

Selain kemudahan layanan kata Wabup, Pemkab Banggai juga tengah berupaya mewujudkan pembangunan gedung baru perpustakaan di Banggai, jika tidak ada kendala gedung baru tersebut mulai dibangun pada 2024 mendatang.

Selanjutnya, Perpusnas RI memperkenalkan sejumlah layanan diantaranya, iPusnas, Bintangpusnas Edu, Indonesia One Search (IOS), e-Resources, Perpusnas Press dan Khasanah Pustaka Nusantara (Khastara) yang seluruhnya itu dapat diakses secara daring.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Pustakawan Ahli Utama Yuliatry Bunga, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Banggai Abdullah Ali, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Banggai Ferlin Monggesang, Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Lesmana P. Kulap dan para pengelola perpustakaan sekolah, universitas, desa dan komunitas. */MAN