SULTENG RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia dan pengibaran duplikat Bendera Merah Putih di halaman kantor Wali Kota Palu, Kamis (17/8/2023).
Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, menjadi pembina upacara, yang dihadiri sejumlah pejabat dan unsur Forkopimda Kota Palu.
Wali Kota Hadianto mengatakan, momentum Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, menjadi awal baik bekerja semakin baik serta semakin menyamakan dan menyatukan persepsi.
Selain itu, kata dia, semakin menguatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan antara pemerintah serta masyarakat.
“Karena dengan semua itu, akan membangun kesatuan dan persatuan daerah serta bangsa. Yang pada akhirnya akan mengantarkan kerja-kerja yang kolaboratif semua kita. Kota Palu siap mendukung Indonesia maju,” ungkap wali kota.
Turut hadir dalam kesempatan ini yakni Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, dan pejabat lainnya.
PENURUNAN BENDERA
Di sore harinya di tempat sama, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, kembali menjadi Inspektur upacara penurunan duplikat Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-78 Republik Indonesia.
Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri sejumlah pejabat baik dari Pemerintah Kota Palu, Unsur Forkopimda Kota Palu, serta para lurah dan camat se-Kota Palu.
Sebagai informasi tambahan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Palu tahun ini terdiri dari Pasukan Nusa dan Pasukan Bangsa, yang merupakan utusan dari SMA/SMK/MA sederajat di bawah binaan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu.
Paskibraka yang bertugas pada penurunan duplikat Bendera Merah Putih sore disebut sebagai Pasukan Bangsa.
Paskibraka Kota Palu 2023 menjadi percontohan nasional tingkat kabupaten/kota se-Indonesia, ditandai dengan pin Lemhannas disematkan pada pakaian dinas upacara Paskibraka.
Sehingga, Paskibraka Kota Palu 2023 merupakan satu-satunya Paskibraka tingkat kabupaten/kota di Indonesia mengenakan pin Lemhannas Republik Indonesia.
Usai pelaksanaan upacara, Wali Kota Hadianto bersama Wakil Wali Kota, dr Reny A Lamadjido, menyapa para Paskibraka yang sukses bertugas untuk menurunkan duplikat Bendera Merah Putih.HGA