RAYA – Perwira piket pengawas Iptu Gede Wira bersama piket fungsi Banggai melakukan pemeriksaan di ruang sel tahanan Mapolres Banggai, Kamis (10/8/2023).

Pemeriksaan ruang sel tahanan tersebut, guna sterilisasi dan peningkatan pengamanan serta pengawasan untuk mengecek barang-barang yang masuk ke tahanan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

Perwira Siaga dan Perwira pengawas mengecek jumlah tahanan dan memeriksa serta melakukan penggeledahan setiap ruangan sel tahanan.

Kanit Tipidkor Polres Banggai, Iptu Gede Wira mengatakan, kegiatan ini pada dasarnya adalah upaya pencegahan sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. “Jangan sampai ada barang-barang berbahaya seperti senjata tajam (sajam), narkoba atau Handphone dan lainnya yang dapat digunakan tahanan untuk melarikan diri atau tindakan lainnya,” kata Gede Wira.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penggeledahan barang tahanan satu persatu untuk memastikan tidak ada barang-barang yang dilarang berada dalam ruang tahanan. “Selain melakukan penggeledahan barang milik tahanan, kami juga tak luput melakukan pembinaan mental terhadap para tahanan sebagai bentuk dukungan moril,” katanya. */MAN