RAYA- Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melalui KKLP Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) menyelenggarakan kegiatan Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka Tahun 2023.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 2—3 Agustus 2023. Pembukaan dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Agustus 2023 di Laboratorium UKBI, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Jalan I Bumi Roviga, Tondo.

UKBI adalah alat ukur kemahiran berbahasa Indonesia yang berlaku secara nasional dan . Dalam lingkup nasional, selama tahun 2022 UKBI telah diujikan kepada 219.358 peserta uji dari 37 profesi di 426 kabupaten/kota.

Dalam lingkup internasional, UKBI diujikan kepada 119 warga negara asing dari 33 negara. Pengembangan, penyesuaian, dan penyempurnaan sistem dan soal UKBI senantiasa dilaksanakan setiap tahun. Salah satu upaya pengembangan UKBI adalah pelaksanaan kegiatan Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka di 30 provinsi dalam rentang waktu 24 Juli—4 Agustus 2023.

Jumlah peserta uji coba yang terdaftar sebanyak 717 orang dari berbagai kalangan dan profesi. 25 peserta di antaranya merupakan peserta uji coba dari Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini dibuka Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Asrif, M.Hum. Asrif mengapresiasi kehadiran para peserta yang berkontribusi pada pengembangan dan penyempurnaan soal UKBI. “Opini, kritik, dan saran yang diberikan oleh para peserta mengenai soal-soal UKBI akan menjadi bahan evaluasi bagi tim UKBI agar diketahui soal-soal apa saja yang dapat dirilis kepada masyarakat luas,”sebutnya.

Asrif juga mengajak para peserta, khususnya dari lingkup pendidikan, untuk menguji kemahiran berbahasa Indonesia pelajar dan melalui UKBI.

Dalam kegiatan Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka, peserta mengerjakan paket-paket soal UKBI yang mencakup seksi mendengarkan, seksi merespons kaidah, seksi membaca, dan seksi menulis.

Sebelum mengerjakan soal, Koordinator KKLP UKBI memberikan tutorial kepada peserta mengenai cara mengakses laman UKBI Dinamis dan contoh-contoh soal yang akan dikerjakan. Diharapkan melalui kegiatan ini, soal-soal UKBI yang telah disusun dapat disempurnakan agar layak menjadi bagian dari paket soal UKBI Adaptif Merdeka terbaru.*ENG