RAYA – Perkembangan sektor bisnis semakin menggeliat mengingat sektor ini menjadi penggerak utama perekonomian nasional. sebagai bank yang concern terhadap UMKM, senantiasa hadir untuk meningkatkan kapabilitas pelaku usaha di Tanah Air.

Salah satu bukti kehadirannya diwujudkan dalam program Pengusaha Muda (PMB) 2023. Selain itu, program ini juga merupakan salah satu dukungan BRI dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju berpenghasilan tinggi dimana untuk mendukung visi tersebut generasi yang akan mewujudkannya adalah generasi muda sehingga BRI berharap dengan program ini pengusaha muda optimis berperan mencapainya.

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI, Amam Sukriyanto, menuturkan, melalui program tersebut, pihaknya berharap dapat memberikan dampak positif dan luas terhadap kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas UMKM terutama untuk para pengusaha muda di Indonesia.

Amam juga berharap akan tercipta lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha muda baru dengan bisnis yang lebih inovatif dan kreatif, yang nantinya dapat menopang dan mendorong Indonesia dan sekaligus sebagai dukungan BRI dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju berpenghasilan tinggi.

Seperti diketahui, tahun ini merupakan yang ketiga penyelenggaraan PMB di mana program ini telah terlaksana sejak 2020. Pada tahun lalu, PMB berhasil mendapatkan respons positif dengan jumlah peserta mencapai 1.330 UMKM di 10 titik penyelenggaraan.

Adapun untuk kali ini, BRI menyelenggarakan di 10 titik dengan perubahan 2 kota berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Perubahan ini merupakan bentuk komitmen BRI untuk terus memperluas jangkauan di Indonesia.

Sebanyak 10 titik di antaranya Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan dan 2 titik penyelenggaraan baru yakni Malang dan Bandar Lampung. Selain itu kategori usaha pada tahun 2023 ini bertambah menjadi empat kategori, yaitu food & beverage, fashion, handicraft dan beauty & health care.

Pendaftaran PMB 2023 dibuka hingga 1 September 2023 melalui https://pengusahamudabrilian.com/. pada tahap awal, BRI akan menjaring 100 UMKM terpilih untuk menjadi peserta. Sasaran program PMB 2023 ini merupakan pengusaha muda dengan batas usia maksimal 40 tahun, omzet rata-rata per bulan maksimal Rp500 juta dan bisnisnya telah berjalan minimal 2 tahun. Nantinya, pengumuman 100 peserta yang lolos akan diumumkan pada tanggal 13 September 2023 melalui microsite dan Instagram resmi program @pengusahamudabrilian.

Peserta PMB 2023 yang telah dinyatakan lolos seleksi akan menjalani berbagai rangkaian kegiatan berupa inkubasi bisnis selama 14 minggu, private mentoring, mentor progress review, mentor business visit, demo day final penjurian dan ditutup dengan awarding pada puncak acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di Desember 2023.

Dalam penyelenggaraan PMB 2023 ini, BRI berkolaborasi dengan BRI Ventures untuk mengakselerasi inovasi dan menambah value. BRI berkomitmen mendorong peserta untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya melalui pendanaan dari BRI Ventures. Selain berkesempatan mendapatkan hadiah Tabungan BRI BritAma Bisnis, dan mendapatkan pinjaman dengan suku bunga 0%.

Melie Indarto selaku Founder KaIND yang juga Juara 1 PMB 2022 juga menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan pelajaran banyak dari PMB.

“Awalnya niat kami bergabung di PMB adalah supaya KaIND bisa belajar sebanyak-banyaknya. Hanya dalam 14 minggu yang luar biasa, kami ternyata tidak hanya bertumbuh dari segi omzet tetapi mampu berjuang dengan fokus yang lebih besar dan tujuan yang lebih kuat untuk memberdayakan dan pengrajin sutra eri”, terangnya.

Menurutnya, hal ini juga didukung dengan para mentor sebagai advisors yang sangat relevan dan kuat di bidangnya masing-masing bersama dengan pemerintah. Melalui program PMB 2023 ini, BRI berharap dapat memberikan makna kepada Indonesia khususnya kepada pengusaha muda dalam upayanya membangkitkan perekonomian Indonesia. Yuk, segera daftarkan bisnismu di microsite PMB 2023 https://pengusahamudabrilian.com/ dan selalu update terbaru di Instagram PMB @pengusahamudabrilian. RHT