SULTENG RAYA – Perdana di Indonesia. Kota menjadi pilot project pelaksanaan Pengukuran Indeks Aktualisasi Pancasila (IAP) kepada Petugas Lapangan bertajuk ‘Pelatihan Enumerator' Survei IAP Kota Palu 2023 di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (1/8/2023).

“Atas nama Wali Kota Palu, saya mengapresiasi dan setinggi-tingginya atas terlaksananya Pelatihan Enumerator ini. Apalagi tadi disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pilot projek di Indonesia, baru pertama kali dilaksanakan,” kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Moh Rizal saat membuka kegiatan dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu tersebut.

Menurutnya, acara pelatihan itu merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Palu untuk memperkuat implementasi -nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai bangsa Indonesia, kata dia, Pancasila telah menjadi landasan berpikir dan bertindak, mempersatukan beragam suku, agama, bahasa, dan budaya, yang ada dalam bingkai negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk senantiasa menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam setiap aspek kehidupan,” ungkap asisten.

Dengan pengukuran IAP, Pemerintah akan lebih mampu melihat sejauh mana penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hal ini akan menjadi tolak ukur bagi pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam mengarahkan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kualitas kehidupan berbangsa,” ucapnya.

“Saya yakin, dengan semangat kebersamaan dan tekad yang kuat, kita dapat mewujudkan Indonesia yang bermartabat, adil, dan sejahtera berlandaskan Pancasila,” katanya.

Turut hadir, Kepala Badan Kesbangpol Kota Palu, Ansyar Sutiadi, Kepala Provinsi Sulawesi Tengah, Simon Sapari. HGA