SULTENG RAYA – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado menerima penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Manado yang diserahkan langsung oleh Walikota Kota Manado, Andrei Angouw dan diterima oleh Manager PLN UP3 Manado, Mulke Gal Tumanken pada saat upacara memperingati Hari Ulang Tahun Kota Manado ke-400 tahun, Jumat (14/7/2023).

Penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Manado itu, merupakan buah dari kinerja PLN UP3 Manado dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Manado berupa penanganan yang dilakukan dengan cepat terhadap laporan masyarakat terkait kelistrikan.

Pelayanan PLN dalam hal menindaklanjuti laporan masyarakat melalui Layanan Call Center Manado Siaga 112 tidak lepas dari Pelayanan PLN melalui aplikasi PLN Mobile yang memberikan respon cepat kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

Call Center Manado Siaga 112 sendiri merupakan usaha dari Pemerintah Kota Manado dalam mengantisipasi semua permasalahan yang bersifat darurat untuk segera ditindaklanjuti dengan tujuan mempermudah pelayanan pengaduan masyarakat, dan salah salah satu pengaduan yang sering masuk yaitu terkait kelistrikan.

Manager PLN UP3 Manado, Mulke Gal Tumanken menjelaskan, keberhasilan transformasi PLN Mobile tak terlepas dari upaya PLN meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Sebab, beberapa fitur yang tersedia di aplikasi tidak hanya memudahkan pelanggan mendapat informasi, namun juga berkomunikasi. “PLN menyinergikan aplikasi PLN Mobile dengan sistem monitoring internal yaitu, virtual command center dan pelayanan teknik optimization. Dengan adanya integrasi ini, pengaduan masyarakat yang sebelumnya manual menjadi lebih cepat dan bisa dimonitor langsung secara realtime,” jelas Mulke.

“Saat ini, ketika pelanggan ingin melakukan pengaduan, laporan tersebut akan langsung diteruskan ke petugas yang berada paling dekat dengan lokasi pelanggan. Pelanggan pun langsung mendapatkan informasi mengenai lokasi realtime petugas dan estimasi waktu kedatangan petugas,” tambah Mulke.

Ia menambahkan, selama periode semester 1 tahun 2023 yaitu dari Bulan Januari sampai Juni, masyarakat yang mengakses layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile seperti pasang baru, tambah daya, lapor gangguan, dan layanan lainnya yaitu sebanyak 2,1 juta kali. Sedangkan, untuk sumber laporan yang diterima oleh PLN itu terpantau beragam, mulai dari masyarakat mengakses Aplikasi PLN Mobile, Call Center 123, Media Sosial PLN serta kanal media lainnya. Disisi lain, kecepatan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan pengaduan melalui PLN Mobile sekitar 32,27 menit dari pelaporan sampai dengan penyelesaian pengaduan.

Pemerintah Kota Manado pun mengapresiasi kerja nyata PLN dalam membantu penanganan keluhan masyarakat dengan respon yang cepat di lapangan. Kedepannya kolaborasi yang telah terjalin ini diharapkan dapat terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat.

Layanan Call Center Manado Siaga 112 ini juga telah meraih penghargaan bergengsi yaitu pada Ajang Internasional Contact Center World (CCW) Asia Pasific dengan meraih Medali Emas untuk kategori Best Emergency Service Center.

Untuk itu, PLN sangat bersyukur karena telah mengambil bagian dalam hal optimalisasi pelayanan pelanggan di Kota Manado dengan pemanfaatan Aplikasi PLN Mobile yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Dengan PLN Mobile, semua makin mudah. */HJ