RAYA – Ratusan pelajar dari 12 kabupaten/kota mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong (). Satu-satunya kabupaten yang tidak berpartisipasi pada Iven itu adalah Kabupaten Banggai Kepulauan.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng, Drs Irvan Aryanto, MSi mewakili Gubernur Sulteng di halaman kantor Bupati Parmout, Kamis sore (13/7/2023).

Ketua Panitia Pelaksana Popda yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Parmout, Mawardin, SS, MSi dalam laporannya mengatakan, ada empat cabang olahraga yang dipertandingkan/dilombakan yakni atletik melombakan 14 nomor, karate 13 kelas, panahan enam nomor dan cabang olahraga taekwondo 22 kelas.

Sedangkan peserta yang ikut event tersebut terdiri dari utusan Kabupaten Buol 49 atlet  dan 13 pelatih, Kabupaten Banggai Laut 24 atlet dan enam pelatih, Kabupaten Morowali Utara 30 atlet dan enam pelatih, Kabupaten Morowali 51 atlet dan enam pelatih dan Kabupaten Banggai 51 atlet dan delapan pelatih.

Selanjutnya Kabupaten 55 atlet dan delapan pelatih, Kabupaten Poso 51 Atlet dan delapan pelatih, Kabupaten Tolitoli 55 atlet dan delapan pelatih, Kota 55 atlet dan 12 pelatih, 25 atlet dan tiga pelatih, Kabupaten Tojo Una Una 44 atlet dan delapan pelatih serta tuan rumah Kabupaten Parmout dengan 38 atlet dan delapan pelatih.

Mawardin juga melaporkan, untuk venue pertandingan/perlombaan di kecamatan yakni cabang olahraga atletik di Kecamatan Ampibabo dan cabang olahraga karate, taekwondo dan panahan dilaksanakan di Kecamatan Parigi.

Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai, SE yang membacakan sambutan Bupati Parmout mengatakan,  pelaksanaan Popda di Parmout berdasarkan surat Gubernur Nomor 400.4.1/60.2/Dispora tanggal 24 Januari 2023 perihal Penetapan Tuan Rumah Popda tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Parigi Moutong.

“Pelaksanaan Popda kali ini sangat meriah diikuti oleh para pelajar di Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka menunjukkan kemampuan dan bakat mereka dalam berolahraga,”jelasnya.

Wabup juga menyampaikan terima kasih dan yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Sulteng yang telah menunjuk Kabupaten Parmout sebagai penyelenggara Popda. Selain Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten/kota se Sulteng yang berpartipasi pada kegiatan tersebut serta seluruh panitia, guru dan pelajar sehingga kegiatan Popda tersebut dapat terselenggara.

 “Popda ini tidak hanya untuk memenangkan medali atau tropi, tetapi juga untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan sportivitas,”jelasnya.

Sementara Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng, Irvan Aryanto mengatakan, Popda merupakan momentum yang sangat penting bagi seluruh pelajar di Sulteng untuk menunjukkan kemampuan dan potensi diri mereka dalam berolahraga.

“Olehnya pada kesempatan saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati dan seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong yang telah bersedia menjadi tuan rumah pada event kali ini,”ujarnya.

Gubernur berharap agar Popda tersebut tidak hanya dijadikan arena bertanding untuk memenangkan medali atau tropi, tapi juga untuk membangun semangat kebersamaan dan antar pelajar.

Acara pembukaan tersebut diawali dengan defile kontingen dan ditandai dengan pemukulan gendang serta penyerahan piala bergilir Gubernur Sulteng dari Kepala Dinas Pemuda Olahraga Sulteng kepada Bupati dan Wakil Bupati Parmout untuk diperebutkan Kembali. AJI