SULTENG RAYA – Erny Sulistyowati tidak menyangka bisa mendapatkan usaha sampingan sebagai agen . Dia juga tidak pernah menduga bisa membantu melepaskan jeratan pinjaman online yang membelit tetangganya.

Menyadur Detik.com, Erny (47), menjadi sejak 2019. Belakangan, dia berfokus pada bagian pelayanan pembiayaan atau . Dikutip dari situs resmi Bank , UMi merupakan produk dari Holding Ultra Mikro (UMi) yang diinisiasi Kementerian dan resmi berdiri pada September 2021.

BRI menjadi induk holding tersebut. Pembiayaan UMI merupakan program kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang difasilitasi oleh Bank BRI. Plafonnya Rp 5 juta dan tenornya tiga bulan.

Sejauh ini, Erny, yang juga pemilik warung kelontong di rumah, mencatatkan telah membantu pembiayaan UMI sebanyak 80 debitur. Usahanya macam-macam, mulai usaha kupas bawang, pedagang ketoprak, pemilik warung kelontong, sampai tukang urut.

Ada dua debitur yang berkesan buat Erny. Yakni, debitur pertama yang usahanya kupas bawang dan yang kedua pedagang kelontong. Keduanya sama-sama perempuan.

“Yang kupas bawang terkesan sekali karena debitur pertama. Dia membuat saya mulai lebih berani untuk menyampaikan program Bank BRI, pembiayaan UMI ini, selain pelayanan yang sudah biasa dilakukan sebagai agen BRILink; , tarik tunai, isi token listrik atau pulsa,” kata Erny.

“Yang kedua, ada ibu-ibu punya usaha warung kelontong tinggal dekat sini. Dia biasa datang ke sini untuk belanja juga, tetapi hari itu dia datang dengan pusing karena ada tanggungan utang,” kata Erny.

Erny menyebut ibu tersebut menanyakan apakah dia memiliki uang tunai untuk dipinjam. Sebab, dia harus membayar cicilan pinjaman online yang mendekati jatuh tempo.

“Saya lihat dia seolah pusing sekali. Dia bercerita ada masalah dalam rumah tangga karena ada pinjol itu. Dia menanyakan apakah ada uang tunai yang bisa dipinjam. Tetapi, saya tidak bisa langsung memberikan informasi kalau ada program UMI dari Bank BRI ini, saya harus mempertimbangkan lebih dulu,” kata Erny mengisahkan pengalamannya.

Setelah beberapa hari, Erny mantap memutuskan untuk menyampaikan kepada ibu, yang tidak disebutkan namanya tersebut, untuk mendapatkan pembiayaan UMI. Dia optimistis dana dari UMI itu bisa digunakan sebagai modal untuk menambah modal usahanya sehingga bisa segera menutup tanggungan pinjol.

“Saya kemudian menelpon dia agar datang ke rumah. Kemudian, saya sampaikan ada pembiayaan UMI dari Bank BRI. Saya sampaikan bahwa program ini bisa digunakan tetapi saya tegaskan bahwa pembayaran cicilan harus tepat waktu, tidak bisa meleset sehari pun. Dia setuju dan akhirnya meminjam Rp 2 juta. Selama waktu pengembalian syukurnya bisa tepat waktu,” ujar Erny.

Kini, kata Erny, ibu tersebut mulai lebih ceria. Menurut Erny ibu tersebut mulai bisa menata keuangannya dan jeratan pinjol bisa dilepaskan sedikit demi sedikit.

“Tidak ada lagi istilah gali lubang tutup lubang. Ibu itu sendiri yang bilang. Kini, dia bisa berfokus kepada warung kelontongnya dan rumah tangganya adem, tidak panas,” dia menambahkan.

Untuk memudahkan pembayaran cicilan, Eny memang memiliki strategi. Dia melayani sistem tabungan bagi para debitur. Dia membebaskan debitur membawa buku tabungannya sendiri atau menitipkan kepadanya.

“Ini memudahkan bagi debitur. Sebab, rata-rata adalah pekerja dengan upah harian atau pemilik usaha warung atau kelontong yang penghasilannya tidak tetap. Kalau ada kelebihan tabungan untuk pembayaran cicilan di bulan itu, nanti diakumulasi ke cicilan bulan berikutnya,” dia menjelaskan.

Mantri Bank BRI Depok Timur Azwar Jupri menyebut untuk mendapatkan pembiayaan UMI, syaratnya mudah; fotokopi KTP, Kartu Keluarga, surat nikah bagi yang sudah menikah, pas foto, dan surat usaha dari RT. Selain itu, calon debitur belum mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan lain atau koperasi.

Proses untuk mendapatkan pembiayaan UMI relatif lebih mudah karena telah lewat aplikasi. Calon debitur tidak perlu ke bank dan mengisi formulir. Pembiayaan itu bisa didapatkan melalui agen BRILink terdekat dan agen BRILink itulah yang akan mengisi data calon debitur melalui aplikasi Mobile atau Pinjaman BRI. Detik.com