RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) resmi merilis total hadiah Palu Sport Event (PSE) 2023, yakni iven olahraga terakbar pertama di Kota Palu yang akan digelar pada November 2023 mendatang.

Semula hadiah disiapkan hanya Rp3 miliar untuk enam cabang olahraga, kini naik menjadi Rp5 miliar untuk enam cabang olahraga yang diperlobakan.

Adapun rincian hadiah, yakni cabang Bola Voli sebesar Rp1 miliar, Sepak Bola Rp1,5 miliar, Bulu Tangkis Rp700 juta, Paralayang Rp350 juta, Balap Sepeda Rp650 juta dan cabang Half Marathon sebesar Rp800 juta.

“Dengan total hadiah yang besar ini, saya berharap ada 10.000 orang termasuk peserta maupun penonton akan hadir di Kota Palu, sehingga saat iven akbar itu berlangsung, akan membawa dampak berkali-kali lipat dari hadiah yang disediakan,” kata Wali Kota Palu, , Rabu (14/6/2023).

Sebelumnya diberitakan, secara resmi me-launching iven olahraga terakbar di Kota Palu, yakni Palu Sport Event (PSE) 2023 di halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin (22/5/2023) malam.

Peluncuran tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, bersama Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo, serta unsur Forkopimda lainnya.

PSE rencananya digelar akhir tahun itu, bakal melibatkan peserta dari seluruh Indonesia dengan memperlombakan enam cabang olahraga (Cabor), yakni Sepak Bola, Paralayang, Balap Sepeda, Marathon, Bola Voli dan Bulu Tangkis.

Wali Kota Hadianto menyebut, PSE merupakan upaya Pemkot Palu untuk ‘menjual' Kota Palu dalam perspektif berbeda.

Hal tersebut, kata dia, lantaran wisata atau pariwisata, tidak hanya identik dengan tempat-tempat disebut destinasi atau kunjungan wisata.

Menurutnya, olahraga juga bisa menjadi salah satu tujuan kunjungan sekaligus menjadi penggerak dari semua itu.

“Pemerintah Kota Palu berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sehingga nantinya akan menghadirkan banyak peserta dan pengunjung ke kota ini untuk menikmati Palu Sport Event dan tentunya menikmati Palu dalam perspektif yang berbeda,” kata Wali Kota Hadianto.

Ia mengungkapkan, kegiatan PSE merupakan salah satu dari 53 program kerja Pemkot Palu itu, seyogyanya dilaksanakan pada 2022 lalu, namun kondisi -19 saat itu dengan pengetatan dilakukan Pemerintah Pusat, sehingga baru bisa terlaksana tahun ini.

“Seharusnya kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun kemarin, tapi dikarenakan Covid-19, jadi pertimbangan kita tidak melaksanakannya di tahun 2022. Alhamdulillah di tahun 2023 ini pemerintah pusat telah melonggarkan kondisi status Covid-19, sehingga memungkinkan kita melangsungkan kegiatan-kegiatan yang bisa mengumpulkan masyarakat dalam jumlah yang cukup banyak,” jelasnya.

Ia mengatakan, Pemkot Palu tahun ini akan membuat perencanaan pembangunan Stadion Indoor. Stadion itu diharapkan menjadi venue yang dapat dimanfaatkan kegiatan-kegiatan atau iven olahraga, seperti Basket dan lainnya.

InsyaAllah, tahun ini perencanaannya kita buat, dan tahun 2024 nanti Pemerintah Kota Palu akan membangun itu. Sehingga diharapkan tahun 2024 nanti, kegiatan Palu Sport Event akan lebih banyak Cabor yang dipertandingkan,” katanya.

Ia berharap, melalui PSE 2023, menjadi penyemangat jajaran Pemkot Palu maupun unsur Forkopimda Kota Palu semakin menjaga Kota Palu.

Pada Grand Launching PSE 2023 itu, Wali Kota Hadianto berkesempatan memberikan bonus berupa uang tunai senilai puluhan juta kepada para atlet Kota Palu yang berhasil meraih di tingkat nasional maupun daerah.HGA