SULTENG RAYA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan (Kanwil ) Sulawesi Tengah menggelar Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Ilmu Keimigrasian (Poltekim) Kemenkumham 2023, Sabtu (10/6/2023).

Tahapan tes SKD diikuti 127 orang di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) , selama dua hari mulai 10-11 Juni 2023 serta terbagi menjadi tiga sesi.

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Budi Argap Situngkir, mengatakan, pihaknya mengaku merasa sangat bersyukur atas antusiasme tinggi dari putra putri Sulteng yang mengikuti tahapan seleksi sekolah kedinasan tersebut.

“Tahun ini, terjadi penaikan yang sangat banyak dari jumlah pendaftaran, kami sangat senang karena inilah yang menjadi komitmen bersama jajaran Pemerintah Daerah dalam memberdayakan anak asli daerah ini, kami mau memajukan daerah ini,” kata Budi Argap Situngkir, saat meninjau langsung kegiatan.

Kemudian, ia juga menegaskan bahwa sama seperti tahun sebelumnya pelaksanaan SKD tahun ini menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT), sehingga kepada seluruh peserta untuk mengerjakan secara baik dan tenang. Serta, tidak lupa dirinya memastikan bahwa lulus dan tidaknya peserta adalah murni dari kemampuan yang dimiliki.

“Kami tegaskan, seleksi ini tidak ada unsur kecurangan sedikitpun, jika anda lulus maka itu adalah kemampuan dan rezeki anda, bukan karena ada bantuan dari siapapun. Bekerjalah dengan yakin dan teliti, semoga saudara sekalian bisa menjadi bagian keluarga besar Kemenkumham,” tegasnya.

Sebagai tambahan, panitia seleksi nasional telah menetapkan ambang batas yakni tes karakteristik pribadi dengan skor 156, tes intelegensia umum dengan skor 80 dan tes wawasan kebangsaan 65.ULU