SULTENG RAYA – Wali Kota , Hadianto Rasyid, menawarkan lahan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palu di Jalan Soekarno Hatta untuk dijadikan lokasi tetap bank plastik Talise.

Tawaran tersebut disampaikan Wali Kota Hadianto setelah mendengar permintaan dari pengurus Bank Plastik yang ternyata selama ini masih kontrak lahan hingga Oktober 2023 mendatang.

“Kalau begitu komiu (anda, red) saya kasih pakai yang di sana saja. Dekat masjid ya, Jalan Soekarno Hatta. Ada tanah ,” ungkap Wali Kota Hadianto saat kunjungan ke lokasi Bank Plastik di Kelurahan Talise, Senin (5/6/2023).

Wali Kota Hadianto menyatakan, menyambut baik inisiatif masyarakat Kelurahan Talise \telah membangun Bank Plastik sejak September 2022 lalu.

“Dengan adanya bank tersebut, Pemerintah Kota Palu dapat terbantu dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang tercemar khususnya dari bahan-bahan plastik. Saya berharap, Bank Plastik Kelurahan Talise ini bisa menjadi bank sampah percontohan di wilayah Kota Palu,” katanya.

Sebagai tambahan, bank plastik Talise menerima semua botol plastik, termasuk botol bekas oli dan sebagainya. Kemudian, botol-botol plastik tersebut didaur ulang menjadi sebuah kerajinan memiliki jual.

Sejak beroperasi, Bank Plastik Talise, sekitar enam ton sampah tidak lagi di buang ke TPA Kawatuna.

Bank Plastik tersebut memiliki anggota aktif 75 orang dan rencananya akan ada penambahan dua kelompok lagi dari RT di kelurahan setempat.HGA