RAYA – Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota Badan Pengawasan Pemilu () Zona III Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar sosialisasi proses penerimaan calon anggota Bawaslu kabupaten/kota, di kantor Bawaslu Tojo Una-Una (Touna), Kamis (25/5/2023).

Sosialisasi yang dibuka oleh Sekretaris Bawaslu Tojo Una-Una, Ismail Untu, dihadiri 25 perserta undangan terdiri dari Organisasi Touna, Pemuda Muhamadiyah Touna, GP Ansor Touna, Himpunan Pemuda Alkhairat (HPA) Touna, Dewan Adat Touna, Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Touna, Persaudaraan Masyarakat TA'A (Permata) Touna, LSM, Pers, Ikatan Alumi Pergerakan Islam Indonesia (IPMII) Touna, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Touna, Komisioner Bawaslu Touna Suwandi T. Bilatullah, serta jajaran Sekretariat Bawaslu setempat.

Empat anggota Timsel Zona III Provinsi Sulawesi Tengah yang hadir dalam memberikan paparan tentang tahapan dan mekanisme penerimaan bakal calon (Balon) Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yaitu Dr. Ansar, Rosdiana, Dr. Susi Susilawati dan Mohammad Nasrun.

Anggota Timsel Mohammad Nasrun dalam paparannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka proses penjaringan calon anggota Bawaslu kabupaten/kota zona III meliputi Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut dan Tojo Una-Una.

Olehnya, ia mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi untuk dapat mengikutsertakan keluarga dalam seleksi calon anggota Bawaslu Tojo Una-Una.

Nasrun juga mengingatkan, kepada peserta dan masyarakat yang berminat mendaftar, ada peluang keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. “Keterwakilan perempuan harus terpenuhi 30 persen, hal ini diatur dalam undang-undang Pemilu. Jumlah perempuan harus terwakili,” kata Nasrun.

Sementara, Sekretaris Timsel Zona III Bawaslu Sulteng Dr. Susi Susilawati menyampaikan, sosialisasi proses penjaringan bakal calon anggota Bawaslu sudah berlangsung sejak tanggal 22 Mei 2023 hingga 27 Mei 2023. Nantinya, para pendaftar calon anggota Bawaslu kabupaten/kota akan melalui sejumlah tahapan yang dimulai dari pemeriksaan administrasi, tes tertulis berupa CAT, tes kesehatan dan psikologi, serta tes wawancara.

Selanjutnya, Ketua Timsel Rosdiana, juga memaparkan bahwa penjaringan Bakal calon (Balon) anggota Bawaslu kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah dimulai pada tanggal 29 Mei 2023 sampai dengan 7 Juni 2023 mendatang. Penelitian dan verifikasi berkas pada tanggal 16 Juni 2023 hingga 20 Juni 2023.

Rosdiana berharap, kepada peserta sosialisasi dan masyarakat untuk bisa ikut serta dalam pendaftaran bakal calon (Balon) anggota Bawaslu kabupaten/kota periode 2023-2028 nanti. “Kami selaku pimpinan beserta anggota timsel tetap akan selalu menjaga integritas selama proses seleksi berlangsung,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, bila ada sesuatu persyaratan yang ingin ditanyakan para calon anggota Bawaslu bisa langsung ke nomor narahubung: 0812-9620-1668, 0812-4560-3087.

Diketahui, untuk berkas pendaftaran bisa diantar langsung ke kantor Sekretariat Panitia Seleksi Calon Anggota Bawaslu Sulawesi Tengah III, alamat Ruang Silar II Golden Hotel Jalan Raden Saleh Nomor 1, dan bisa juga mendaftar melalui Surel: timselsulteng.zona3@gmail.com. BD