RAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs. H. Ma'mun Amir  membuka secara resmi Forum Sinkronisasi Program Kegiatan Bidang Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Banggai, di salah satu hotel di Kota Luwuk, Selasa (23/5/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Bupati Banggai H. Amirudin Tamorea, Wakil Bupati (Wabup) Banggai H. Furqanuddin Masulili, Wakil Ketua I DPRD Banggai, unsur forkopimda Banggai, Sekda Banggai, narasumber Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng bersama jajarannya, Kadis Perikanan Banggai bersama jajarannya, para Kadis Perikanan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah dan pimpinan perangkat daerah Banggai.

Dalam sambutannya, Wabup Banggai menyampaikan, selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan forum sinkronisasi program kegiatan Bidang Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng tahun 2023, berharap semoga kedatangan bapak dan ibu hadirin sekalian dapat membawa berkah buat daerah kami, dan semoga betah berada di kota Luwuk selama pelaksanaan Forum Sinkronisasi berlangsung.

“Atas nama pribadi dan masyarakat Kabupaten Banggai menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Gubernur dan Wagub Sulteng, yang telah mempercayakan Kota Luwuk Kabupaten Banggai selaku tuan rumah pelaksanaan Forum Sinkronisasi Program Kegiatan Bidang Kelautan Kab/Kota se-Sulteng dan Insya Allah kedepannya Kabupaten Banggai akan selalu siap menjadi tuan rumah jika ada kegiatan-kegiatan atau event baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional,” kata Wabup.

Selaku pimpinan Pemerintah Kabupaten Banggai lanjut Wabup, kami menyambut baik dan memberi apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan kegiatan Forum Sinkronisasi ini.

Sementara, Wagub Sulteng dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulteng dan atas nama pribadi menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Forum Sinkronisasi ini. “Dengan diselenggarakannya Forum ini sebagai upaya untuk mendukung Visi Pemerintah Provinsi Sulteng yaitu, Gerak Cepat Menuju Provinsi Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju, hal ini merupakan salah satu tanggung jawab dan amanah yang harus diemban setiap perangkat daerah untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang Baik (Good Governance),” kata Wagub.

Sulawesi Tengah lanjutnya, merupakan Provinsi Kepulauan dengan panjang garis pantai 7.010.60 KM, terdiri dari 1.572 pulau serta memiliki perairan laut berdasarkan kewenangan seluas 7,4 juta hektar, dari data yang ada terdapat 155.544 orang yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, pembudidaya, pengolah pemasar produk perikanan serta petambak garam.

“Data ini menunjukkan bahwa kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor yang cukup banyak memberikan kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja di Sulawesi Tengah. Olehnya itu, saya menghimbau untuk pelaksanaan pengentasan dengan data P3KE, rumah tangga desil 1 terverifikasi harus kita utamakan,” jelasnya. */MAN