RAYA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulteng menyebut program percepatan penghapusan ekstrem (P3KE) berupa bantuan unit katinting kepada nelayan sudah tersalurkan sebanyak 61 unit.

Kepala , Moh Arif Latjuba, merinci, total bantuan itu pada 2023 sebanyaak sebanyak 173 unit tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di Sulteng.

“Bantuan itu disalurkan sebanyak 30 unit di Kabupaten Banggai, 31 unit di Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Banggai Laut sebanyak 15 unit, Kabupaten Poso sebanyak 15 unit, Kabupaten Tolitoli sebanyak 25 unit,” jelas Kadis Arif Latjuba, kepada Sulteng Raya, Jumat (26/5/2023).

Selanjutnya, kata dia, di Kabupaten Buol disalurkan sebanyak 25 unit, Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 10 unit, Kabupaten sebanyak enam unit, sebanyak 15 unit, dan Kabupaten sebanyak satu unit katinting.

“Bantuan itu baru 61 unit disalurkan. Sisanya akhir Juni 2023. Pengadaannya bertahap karena beda power house-nya,” ungkap Kadis Arif.

Kadis berharap, bantuan tersebut nantinya akan bermanfaat bagi nelayan penerima manfaat untuk kemudian dapat mendorong tingkat kesejahteraan keluarga dan meningkatkan produksi hasil tangkapan perikanan di Sulteng.

“Harapan kita, semoga dapat memberikan manfaat ya, dan mendorong kesejahteraan mereka, nelayan kita. Potensi kita di sektor ini cukup besar. Bukti pemerintah hadir salah satunya dengan memberikan dukungan bantuan yang memicu peningkatan produksi hasil tangkapan,” tutup Kadis. RHT