RAYA – Crosser Astra Racing Team (AHRT), Nuzul Ramzidan, tampil trengginas pada gelaran perdana Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross 2023 di sirkuit MPS, Pandeglang Banten pada Sabtu-Ahad (13-14/5/2023).

Turun di kelas MX2, crosser andalan tim balap PT Astra Honda (AHM) di ajang Kejurnas itu mampu menduduki podium pertama pada race pertama, meskipun kondisi hujan membasahi track.

Saat sesi kualifikasi balap berlangsung pada Sabtu 13 Mei 2023, Ramzidan berhasil mencatatkan waktu kedua. Hal itu menjadi modal positif mengatur strategi menaklukan race di Ahad.

Memasuki balap pada Ahad (14/5/2023), kondisi cuaca mulai tak menentu. Jelang race pertama, sirkuit mulai dibasahi dengan gerimis hujan. Gate start pun turun sebagai penanda balap dimulai, Ramzidan berhasil melakukan start dengan mulus.

Selepas tikungan pertama pun ia sudah berada di posisi pertama. Memasuki lap kedua, hujan semakin deras, pemuda berusia 18 tahun itu mulai memberi jarak pada pebalap di posisi dua.

Dengan menggunakan CRF250R, saat memasuki menit ke 15, Ramzidan dapat memberikan ruang waktu hampir 48 detik pada pesaing terdekatnya.

Memasuki menit ke 16 balap harus dihentikan karena hujan yang semakin deras dan mempengaruhi jarak pandang. Hasil itu pun menyatakan Ramzidan sebagai juara di race pertama.

Pada race kedua di hari sama, balapan sempat ditunda selama 30 menit karena kondisi masih hujan. Setelah hujan reda panitia memberikan aba-aba untuk bersiap dan balapan pun dimulai.

Ramzidan melakukan start kurang mulus, kondisi track yang licin membuat ia kehilangan traksi roda belakang. Ia pun harus tercecer dan menghuni posisi ke 6. Berjuang di tengah track yang kurang ideal, pemuda asal Riau itu berhasil naik ke posisi 3 saat memasuki lap kedua. Ia pun terus memangkas jarak dengan pesaingnya yang berada di depan, hingga meraih posisi kedua. Sayang, di menit ke 10 Ramzidan harus menepi karena permasalahan teknis dan lebih awal menyelesaikan balapan.

“Pada balap pertama saya coba melakukan penekanan sejak awal. Strategi ini pun berhasil dan saya dapat memberikan jarak yang cukup jauh dengan pebalap lainnya hingga dapat meraih juara, meskipun race dihentikan karena cuaca. Rasa senang dan kurang puas menjadi satu di balapan akhir pekan ini, karena pada balap kedua saya harus mengakhiri balap lebih awal akibat kendala teknis. Tentu hal ini menjadi pelajaran , agar dapat lebih kompetitif lagi di seri berikutnya,” ujar Ramzidan.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, mengatakan, perjuangan Ramzidan di ajang Kejurnas itu patut diapresiasi. Semangatnya dalam menaklukan sirkuit dan meraih dapat menginspirasi crosser muda Indonesia.

“Dalam setiap raihan prestasi tentu ada pembelajaran. Meskipun Ramzidan tidak dapat menaklukan race kedua pada ajang Kejurnas ini, perjuangan dan semangatnya dalam Press Release PT Astra Honda Motor Jl. Laksda Yos Sudarso, Sunter I Jakarta 14350, Indonesia Phone : +62 21-6518080 Fax : +62 21-6503331, 6521806 bersaing di track balap off road layak diapresiasi. Bersama tim dengan semangat Satu Hati, kami yakin dapat meraih prestasi di ajang balap off road nasional ini,” ujar Andy.

Pencapaian di seri pertama kejurnas Motocross itu membuat Ramzidan berada di posisi 8 dengan poin 25 pada klasemen sementara. Selanjutnya Kejurnas motocross 2023 menyisakan 3 putaran yang akan hadir di Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.*/YAN