SULTENG RAYA – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI), Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik & Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS Patklin) Cabang melaksanakan pemeriksaan golongan darah bagi siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Palu, Jumat (19/5/2023).

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, mengatakan, pemeriksaan golongan darah bagi para siswa SMP sangat banyak manfaatnya.

“Salah satunya, jangan diminta-minta kecelakaan. Tapi persiapan kalau adik-adik masuk kuliah, nanti pasti ditanya golongan darahnya apa. Begitupun saat membuat SIM ataupun KTP,” ujar Beliau.

Di samping itu, kata dia, mengetahui golongan darah juga sangat penting bagi anak-anak perempuan, terutama saat hamil nanti.

Ia berharap, pemeriksaan darah tersebut bisa bermanfaat bagi seluruh siswa SMP Negeri 1 Palu baik yang perempuan maupun laki-laki.

Ia juga menyemangati para siswa agar tidak perlu takut saat diperiksa golongan darahnya.

“Jarumnya kecil, tidak usah takut. Meskipun jarumnya kecil, tapi manfaatnya sangat besar. Supaya kedepan adik-adik tahu golongan darahnya apa,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, Spesialis Patologi Klinik adalah spesialis yang bergerak dan melaksanakan tugas di laboratorium. Salah satu tugasnya, kata dia, berkaitan dengan pemeriksaan Covid-19, antara lain membaca hasil SWAB Test, PCR, hingga menentukan pasien tersebut positif atau negatif.

“Kita ada 13 orang, ada yang bertugas di Banggai dan Banggai Kepulauan, tetapi cabangnya, Cabang Palu. Tapi anggotanya itu seluruh dokter spesialis klinik yang ada di seluruh Provinsi Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Hal tersebut dikarenakan, nomenklatur yang ada adalah PDS Patklin Cabang Palu, tidak ada cabang Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, HBDI yang jatuh setiap 20 Mei tiap tahunnya, adalah hari bakti yang diperingati seluruh dokter di Indonesia.

“Kita berbakti dan mengabdi kepada masyarakat. Kita tidak memilih-milih,” ucap Beliau.

Terdapat ratusan siswa SMP Negeri 1 Palu ikut serta dalam pemeriksaan golongan darah oleh PDS Patklin Cabang Palu tersebut.HGA