RAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Parigi Moutong () menggelar simposium dan pengukuhan guru penggerak Angkatan 5 Kabupaten Parmout tahun 2023 di aula Dinas Dikbud Parmout, Kamis (11/5/2023).

Koordinator kegiatan Ahdin Amir, SPd, MPd mengatakan, jumlah total guru penggerak Angkatan 5 Kabupaten Parmout sebanyak 72 orang yang merupakan guru TK, SD, SMP dan SMA/sederajat.

Adapun tujuan kegiatan tersebut, kata Ahdin untuk memberikan wawasan kepada guru sebagai penggerak pendidikan, menjadi forum saling tukar pikiran para pendidik dalam memecahkan persoalan pendidikan dan memperkenalkan inovasi pendidikan dan teknologi pembelajaran.

”Menjalin kolaborasi dan menggiatkan transformasi untuk mewujudkan merdeka sekolah, merdeka mengajar dan merdeka belajar berbasis fitrah menjadi tema kegiatan ini,” ujar Ahdin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Dikbud Parmout, Sunarti, SPd, MPd dalam sambutannya mengatakan, Pengalaman belajar yang diperoleh para guru melalui pendidikan guru penggerak  diharapkan dapat menginspirasi dunia pendidikan di Kabupaten Parmout.

Sunarti berharap, guru penggerak angkatan 5 Kabupaten Parmout dapat mengembangkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan menciptakan profil pelajar pancasila sebagai implementasi  merdeka belajar.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong dalam menjalankan program kerja kedepannya akan bersinergi dengan guru penggerak angkatan 5 Kabupaten Parigi Moutong. Selain itu, kami juga akan memberikan kesempatan kepada guru penggerak dengan menjalankan amanat Permendikbud No. 40 Tahun 2021 sebagai pemimpin pada satuan Pendidikan,” ujar Sunarti.

“Guru penggerak sebagai guru yang sempurna dalam menjalankan tugasnya, karena telah memiliki seluruh kemampuan sebagai penggerak Pendidikan,”tambahnya.

Turut hadir pada kegiatan korwil, pengawas, kepala sekolah dan pengajar praktik guru penggerak. AJI