SULTENG RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Furqanuddin Masulili melakukan inspeksi mendadak (Sidak) hari pertama masuk kantor pascalibur dan cuti bersama usai Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di sembilan OPD lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai, Rabu (26/4/2023).

Kesembilan OPD yang disidak tersebut yaitu, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Masyarakat dan Desa, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

“Tadi saya sampel kurang lebih ada sembilan OPD. Alhamdulillah tingkat kehadiran ASN Banggai bagus. Persentase di atas 80 hingga 90 persen,” kata Wabup usai sidak.

Kalau tingkat kehadiran para pejabat lanjutnya, Kepala Dinas (Kadis/Kaban) tadi semua hadir, meskipun memang masih ada beberapa ASN yang belum hadir. “Ada himbauan Presiden RI mengingat potensi terjebak kemacetan maka ASN tidak mengapa belum efektif masuk kantor pada hari ini. Tetapi kalau di daerah kita, semua jalanan longgar paling yang sering macet hanya di Kilo Meter 1 dan Maahas,” ujarnya.

Olehnya itu Wabup berharap, agar seluruh ASN Pemda Kabupaten Banggai jangan menambah libur. “Saya sudah sampaikan memang jangan menambah libur. Hanya saja memang ada ASN yang selain cuti bersama, juga sempat mengurus cuti perorangan, jadi sambung cutinya dan belum masuk kantor hari ini,” jelasnya. */MAN