RAYA – Gangguan pada sistem kelistrikan 275kV menyebabkan terhentinya pasokan listrik sementara di sebagian lokasi layanan di Provinsi Sulawesi Tengah. indikasi gangguan kelistrikan disebabkan oleh sambaran petir pada jaringan listrik .

Saat terjadi gangguan, sistem proteksi PLN bekerja penuh mengamankan jaringan listrik sehingga dapat mencegah dampak berlebih. Untuk itu pasokan listrik pada beberapa daerah terhenti sementara.

Namun, petugas posko siaga PLN dengan sigap melakukan langkah pekerjaan penormalan serta melakukan identifikasi penyebab terganggunya sistem kelistrikan tersebut sesuai dengan SOP penanganan gangguan yang ada.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo langsung mengontrol penuh proses penormalan yang sudah ter-skema matang sesuai dengan Standar Operation and Procedure (SOP) dengan prinsip keselamatan kerja.

“Kami tentunya memahami bagaimana pentingnya malam ini bagi seluruh masyarakat pelanggan, sehingga tim kami sudah benar-benar matang dan bersiaga untuk berbagai bentuk kemungkinan gangguan,” kata Dartomo.

Koordinasi yang matang baik dengan pihak internal PLN hingga eksternal menjadi kunci ceptnya identifikasi dan proses perbaikan di lapangan. “Kami tentunya tidak bekerja sendiri, ini merupakan bentuk upaya dan kepedulian semua pihak dalam mewujudkan layanan PLN,” ujar Dartomo.

Hingga berita ini diturunkan, saat ini seluruh jaringan listrik terdampak terpantau sudah pulih 100 persen. Dengan gerak cepat, seluruh sistem kelistrikan yang terdampak berhasil dipulihkan hanya dalam waktu 1 jam dan 11 menit saja.

PLN memberikan apresiasi tinggi kepada kontribusi masyarakat yang sangat membantu PLN dalam memberikan gangguan dan pemantauan kondisi kelistrikan di lapangan melalui aplikasi PLN Mobile dalam proses PLN memulihkan seluruh daerah terdampak.

Dartomo juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan terhentinya pasokan tenaga listrik ini. “Kami akan terus berupaya menghadirkan layanan terbaik kami kepada seluruh pelanggan setia PLN,” tambah Dartomo.

Untuk kemudahan layanan kelistrikan dan menjaga masyarakat dari potensi bahaya listrik, masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui playstore dan appstore. */HJ