RAYA – Menjelang  bulan 1444 Hijriah Tahun 2023, Pemerintahan Kabupaten melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan di Pasar Ranggulalo, Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis (9/3/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah , Nuim Hayat bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Rahmad Iqbal Nurkhalis, Kepala Perum Sulteng David Susanto, Kepala Dinas Perdagangan Agus Munandar, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Andi Aco memantau ketersediaan stok pangan dan harga bahan pokok di Pasar Ranggulalo.

Sekab Sigi Nuim Hayat mengatakan Pemerintah Kabupaten Sigi memastikan bahwa ketersediaan stok pangan di bulan Ramadan 1444 Hijriah Tahun 2023 terpenuhi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, untuk stok pangan di bulan Ramadan kami pastikan aman dan terpenuhi dengan baik,” ungkap Nuim

Dalam pemantauan itu, Nuim Hayat bertanya langsung kepada pedagang eceran mengenai harga bahan pokok meliputi , bawang merah dan putih, hargai cabai, dan beberapa komoditas pangan lainnya.

“Harga bahan pokok beberapa komoditas stabil dan dapat dijangkau oleh seluruh komponen dan elemen masyarakat,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa terdapat beberapa komoditas bahan pokok yang harganya meroket tajam seperti harga bawang merah dan bawang putih senilai Rp34.000 sampai Rp36.000/kilo gram.

Begitu juga dengan cabai rawit merah melonjak tinggi senilai Rp38.000 sampai Rp60.000 per kilo gramnya.

menyatakan bahwa kenaikan harga beberapa bahan pokok tersebut dikarenakan berkurangnya stok pada sektor hulu. Sehingga, ujar dia, dalam beberapa waktu ke depan harga bahan pokok tersebut akan kembali stabil karena pemerintah akan mengintervensi, serta akan melakukan panen di waktu dekat.

Harga beras senilai Rp11.000 sampai Rp13.000 per kilo gram, sedangkan beras kualitas medium senilai Rp10.000 sampai Rp12.000 per kilo gram.

Cabai keriting harga tertinggi Rp35.000 dan terendah Rp26.000. Daging sapi harga tertinggi Rp120 ribu per kilo gram. Daging ayam Rp55.000 sampai Rp65.000 per kilo gram.

“Begitu pula dengan komoditas pangan strategis lainnya, rata – rata tidak mengalami fluktuasi yang signifikan,” ungkap dia.FRY