SULTENG RAYA – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Sulawesi Tengah, Nelson Metubun, melakukan kunjungan ke Desa Tindaki, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, sebagai calon lokasi pelaksanaan panen nusantara serentak Kementerian (Kementan) Republik Indonesia, Rabu (01/3/2023).

“Memasuki musim panen padi untuk musim tanam Oktober 2022 – Maret 2023 (Okmar), Kementerian Pertanian Republik Indonesia akan melaksanakan panen nusantara serentak yang direncanakan pada awal Maret 2023,” jelas Kadis Nelson.

Ia menjelaskan, panen padi Nusantara serentak tersebut akan dilaksanakan pada beberapa wilayah provinsi di seluruh Indonesia.

“Provinsi Sulawesi Tengah sebagai wilayah dengan kontribusi surplus peringkat sembilan secara nasional pada Tahun 2022 akan turut serta dalam kegiatan tersebut. Kabupaten Parigi Moutong menjadi salah satu wilayah sasaran pelaksanannya dengan pertimbangan beberapa wilayahnya akan memasuki panen raya padi pada bulan Maret 2023,” jelasnya.

Kadis Nelson, mengungkapkan, kunjungannya tersebut untuk memastikan kesiapan dan kelayakan lokasi dari sisi petani, lahan dan tanamannya.

“Dari penilaian kami, terhadap calon lokasi ini (Desa Tindaki, red), cukup layak dari kesiapan petani, lahan dan umur tanamannya sudah memasuki usia panen dan merupakan hamparan yang relatif luas” jelas Kadis.

Sesuai data, kata dia, di Kecamatan Parigi Selatan terdapat lahan sawah sekitar 3.100 hektar siap panen dari total 3.500 hektar luas sawahnya, dari 28.000 hektar luas baku sawah di Kabupaten Parigi Moutong.

“Panen nusantara serentak ini adalah bentuk bukti konkrit secara nasional terus terjadi panen, tanam dan panen lagi secara terus menerus di hampir semua wilayah, termasuk di Sulawesi Tengah, sehingga ketersediaan beras sebagai komoditi pangan utama kita tercukupi setiap saat, bahkan terjadi surplus di beberapa wilayah,” tuturnya.

Turut hadir, Kepala Karantina Pertanian Sulteng, Kepala Balai Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Sulteng, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Kepala Bidang Tanaman Pangan DTPH Sulteng, Retno Erningtyas Sugyono, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Parigi Moutong beserta jajarannya. */HGA