RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Furqanuddin Masulili menutup secara resmi kegiatan Hari Patriotik 12 Februari 1942 yang berlangsung selama dua pekan di lapangan 12 Februari, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Bangggai, Selasa (28/2/2023) malam.
Dalam kegiatan itu, dipersembahkan tari kreasi dari sejumlah pelajar yang menjadi sajian pembuka kegiatan malam itu. Dilanjutkan dengan penampilan grup vokal akustik, pop singer, tari tradisional dan seni mendongeng dalam bahasa saluan yang semuanya kental dengan nuansa perjuangan dan nasionalisme yang dibawakan oleh peserta pemenang lomba Hari Patriotik.
Dalam sambutannya Wabup Furqanuddin mengatakan, peringatan Hari Patriotik merupakan momen yang sangat berarti bagi masyarakat Pagimana.
“Ini adalah bentuk apresiasi kita, bentuk penghormatan kita kepada para pejuang yang pada zamannya dengan gagah berani memperjuangkan cita-cita bangsa Indonesia, merebut kemerdekaan, walaupun pada tahun 1942 itu masih jauh dari harapan-harapan yang realistis,” kata Wabup.
Tanggal 12 Februari kata Wabup, merupakan hari yang sakral bagi masyarakat Pagimana di hari itulah mencatat peristiwa heroik perjuangan masyarakat Pagimana menaikkan sang merah putih di bumi Babasal.
Wabup berharap, apa yang telah ditorehkan dalam sejarah perjuangan Hari Patriotik dapat menginspirasi dan menjadi pegangan dalam rangka merajut ukhuwah sesama anak bangsa yang ada di Kecamatan Pagimana.
“Mudah-mudahan acara yang telah kita helat dapat memperkokoh tali persaudaraan kita sesama anak bangsa, khususnya sesama masyarakat yang ada di Kecamatan Pagimana,” ujarnya.
Di samping itu lanjut Wabup, rangkaian kegiatan peringatan Hari Patriotik yang dipusatkan di lapangan 12 Februari selama dua pekan itu dapat menggerakkan masyarakat, khususnya bagi pelaku .
Sementara, Camat Pagimana, Wahyudin Sangkota menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Bupati dan Wakil Bupati Banggai selama pelaksanaan Hari Patriotik 2023. Ia juga mengapresiasi kerja-kerja panitia dari awal hingga akhir kegiatan.
“Mudah-mudahan kedepan kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Banggai khususnya masyarakat Kecamatan Pagimana,” harapnya.

Dipenghujung acara, panitia mengumumkan pemenang lomba dan pertandingan dari berbagai cabang olahraga dan kesenian tradisional tingkat pelajar dan dewasa, sekaligus penyerahan piala dan . */MAN