RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka menghadiri pengajian akbar yang dirangkaikan dengan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 H/2023 di lapangan sepak bola Trans Mayayap, Desa Mayayap, Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai, Senin (20/2/2023).

Tampak  hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Ketua MUI sebagai pembawa hikmah, Camat Bualemo, Forkopimcam, Kabag Prokopim Setda Banggai, Kepala Desa (Kades) Mayayap, seluruh Kades dan anggota BPD se-Kecamatan Bualemo, panitia pelaksana dan Ketua Umum Majelis Ta'lim Kecamatan Bualemo.

Dalam sambutannya Bupati Banggai mengatakan, Isra Miraj adalah ada dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammmad SAW dalam waktu satu malam saja. “Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam. Tujuannya untuk mengetahui betapa besarnya rahmat Allah SWT dan kasih sayang kepada Rasulullah SAW kepada umatnya sehingga sholat 50 waktu berkurang menjadi 5 waktu saja,” kata Bupati.

Kami lihat warga disini kata Bupati, sangat penuh semangat menghadirinya. Kami baru kali ini diundang dalam acara keagamaan di Kecamatan Bualemo ini. Mungkin akses jalan yang mempengaruhi sehingga kegiatan seperti ini sangat lama melaksanakannya. “Insya Allah tahun ini semua akses jalan akan kita perbaiki dan akan diaspal sampai ke Bualemo dan tahun ini juga jalan umum yang didepan nilainya sebesar Rp62 Milyar yang akan dikerjakan dari Desa Siuna sampai Bualemo dan terus keliling sampai Balantak kepala burung dan akan dikerjakan selama kurang lebih 2 tahun kedepan, dari tahun 2023 sampai dengan 2024, jadi Insya Allah jalan tidak menjadi masalah lagi,” tuturnya.

Kedepan lanjut Bupati, Kecamatan Bualemo harus kita pecahkan menjadi tambahan kecamatan supaya pelayanan terhadap masyarakat lebih dekat dan sangat memudahkan. Bangunannya juga akan lebih banyak. “Insya Allah tahun ini kita usulkan dan tahun depan akan dipecahkan menjadi tambahan kecamatan. Kemudian desa-desa yang wilayahnya sangat luas juga akan kita pecahkan untuk penambahan desa,” terang Bupati.

Kegiatan itu, dilanjutkan dengan Hikmah Isra Miraj yang disampaikan langsung oleh Ketua MUI Kabupaten Banggai, Drs. KH. Zainal Abidin A.Hamu. */MAN