RAYA- Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) Bina Mulia kembali menurunkan mahasiswanya ke masyarakat guna melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) Tahun Akademik 2023/2024.

Kali ini sebanyak 70 dari dua jurusan yang ada, masing-masing Teknik Informatika sebanyak 40 orang, dan Sistem Informatika sebanyak 30 orang, mereka akan berada di masyarakat selama tujuh minggu.

Para mahasiswa ini diberikan kebebasan memilih tempat melaksanakan KKP, sebagai bentuk kemerdekaan memilih tempat mengaplikasikan teori yang mereka dapatkan di dalam kampus, sekaligus untuk mengasah kemampuan skill yang mereka miliki sebagai modal saat nantinya meninggalkan kampus dengan gelar sarjana komputer lulusan STMIK Bina Mulia Palu.

“Kita memberikan mereka kemerdekaan memilih tempat, karena jika kita yang mengatur tempatnya jangan sampai tidak cocok dengan mahasiswanya, jika mereka sendiri yang memilih maka tentu itulah yang menurut mereka sebagai tempat melaksanakan KKP,”jelas Ketua STMIK Bina Mulia Palu, Burhanuddin Andi Masse, S.Kom., M.Kom, Sabtu (18/2/2023).

Tujuan KKP sendiri kata Burhanuddin adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah mereka terimanya selama di perkuliahan.

Melalui itu, nantinya mahasiswa akan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya, karena telah mendapatkan pengalaman secara faktual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang profesional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, , dan sikap yang diperlukan bagi profesinya, serta mampu menerapkan dalam kehidupan dunia kerja yang nyata.

“Sekaligus ini adalah cara menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja di era 4.0 dan menuju era 5.0,”sebut Burhanuddin.

Namun sebelum mereka diturunkan di lapangan, para mahasiswa ini telah mendapatkan pembekalan selama satu hari di Brizky Hotel Palu. ENG