RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, H. Furqanuddin Masulili membuka secara resmi Kejuaran Karate Antar Pelajar untuk memperebutkan piala rektor Universitas Muhammadiyah () tahun 2023 di gedung kampus Universitas Muhammadiyah Luwuk, Kabupaten Banggai, Jumat (10/2/2023).

Kegiatan itu akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 10 sampai dengan tanggal 12 Februari 2023.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, kegiatan kejuaran karate yang telah digagas oleh Universitas Muhammadiyah Luwuk ini, merupakan momen yang sangat . Olahraga karate ini, merupakan olahraga menyumbang medali terbanyak. “Merebut medali lebih mudah dari mempertahankan. Akan tetapi kita yakin, Insya Allah peribahasa tersebut tidak akan berlaku di Kabupaten Banggai. Karena semangat para tokoh-tokoh olahraga, para pemerhati olahraga khususnya di bidang karate, banyak melakukan pembinaan terhadap atlet-atletnya pada event-event seperti ini,” kata Bupati.

Olehnya itu kata Bupati, anak-anak memang harus dipersiapkan diri, karena kalianlah yang akan menggantikan para atlet-atlet senior di masa-masa yang akan datang. Jadi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai tetap akan mendukung. “Belum lama ini saya mendapat penganugerahan dan kehormatan Inkai. Sayai menyakini, bahwa dengan pembinaan-pembinaan yang dilakukan, Insya Allah Kabupaten Banggai akan menjadi lumbung atlet yang paling besar, khususnya cabang olahraga karate,” ujarnya.

Sementara, Rektor Universitas Muhammadiyah Luwuk, Dr. Sutrisno K. Djawa mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai ajang pencarian bibit atlet karate. “Tujuan kegiatan ini, tidak guna berlatih di dojo masing-masing, tanpa ikut event seperti ini. Karena kita tidak bisa mengukur sejauh mana tingkat kita. Sehingga ini adalah salah-satu cara untuk mengukur adik-adik, dalam rangka melihat potensi masing-masing atlit,” terang Sutrisno.

Diketahui, Kejuaraan Karate Antar Pelajar Tingkat SD, SMP, SMA/ sederajat se-Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) dan Banggai Laut () bertujuan sebagai ajang promosi Fakultas Teknik khususnya dan Unismuh Luwuk pada umumnya. Untuk membentuk karateka yang berprestasi, memotivasi dengan mengikuti perkembangan karateka di lingkup Sulawesi Tengah (Sulteng), sebagai ajang melatih jiwa sportifitas dengan meraih prestasi dan sebagai ajang mencari bibit atlet karate masa depan Kabupaten Banggai.

Kejuaraan itu, diikuti oleh SD Kabupaten Banggai sebanyak 79 orang karateka, SMP Kabupaten Banggai sebanyak 50 orang karateka, SMA/SMK Kabupaten Banggai sebanyak 45 orang karateka, SD Kabupaten Banggai Laut sebanyak 15 orang karateka, SMP Kabupaten Banggai Laut sebanyak 5 orang karateka dan SMA/SMK Kabupaten Banggai Laut sebanyak 6 orang atlet karateka. */MAN