SULTENG RAYA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, turut hadir dalam Puncak Peringatan HPN 2023, di Gedug Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). Pada Kesempatan itu, dirinya memberikan apresiasi terhadap peran pers dalam menyebarluaskan pemberitaan tentang praktik baik mengenai terobosan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya.

“Melalui momentum Hari Pers Nasional saya mengajak seluruh insan pers untuk berkolaborasi menjadi bagian dari gerakan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya untuk pendidikan dan kebudayaan Indonesia yang jauh lebih maju,” tuturnya.

Selain itu juga, Mendikbudristek menyoroti pentingnya peran media massa dalam menyajikan pemberitaan yang akurat. Menurutnya, media berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan literasi dan berpikir kritis masyarakat Indonesia, sebagai upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 

“Insan pers memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Terus berkarya dalam menyajikan pemberitaan kepada masyarakat,” tutur Mendikbudristek.

Pada tahun 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerima sejumlah dari media, antara lain kategori pengelolaan komunikasi Tempo Ministry (TMA) dan penghargaan kolaborasi kementerian dari Kompas Gramedia Tribun Network. Selain itu, sebagai wujud kolaborasi yang baik, Kemendikbudristek juga memberikan apresiasi kepada media massa.*/JAN