RAYA – Insentif ketua rukun tetangga (RT) dan ketua rukun warga (RW) se-Kota kembali dinaikkan tahun ini menjadi Rp500 ribu per bulan.

Sebelumnya, pada Oktober 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menaikkan insentif ketua RT-RW dari Rp150 ribu per bulan menjadi Rp300 ribu per bulan.

Alhamdulillah, di tahun ini, tahun 2023, kita naikkan kembali menjadi Rp500 ribu. Jadi insentif seluruh ketua RT dan RW di tahun 2023 ini sudah naik menjadi Rp500 ribu per bulan,” ungkap Wali , , saat memimpin pertemuan dengan para ketua RT dan RW dari Kelurahan Birobuli Utara dan Birobuli Selatan di ruang rapat Bantaya, Kantor Wali Kota Palu, Kamis (2/2/2023).

Ia mengatakan, Rp500 ribu perbulan tersebut dianggap cukup berani, karena Kota Batam saja yang APBD-nya sekitar Rp4 triliun, insentif RT dan RW-nya hanya Rp500 ribu.

“Tapi Kota Palu yang APBD-nya baru sekitar Rp1,7 triliun, sudah berani menaikkan insentif para ketua RT dan RW-nya menjadi Rp500 ribu,” ucapnya.

Kebijakan tersebut dilakukan, kata dia, karena ia menginginkan gerak para ketua RT dan RW menjadi gerak bersama yang bisa saling menguatkan dalam upaya menargetkan kerja-kerja optimal.

“Karena saya dan seluruh jajaran sangat-sangat memahami bahwa peran seluruh ketua RT dan RW sangat vital dalam membantu pemerintah untuk bisa mentransformasikan semua arah kebijakan Pemerintah kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Menurutnya, tanpa bantuan dari seluruh ketua RT dan RW, maka target-target kerja pemerintah tidak akan tercapai dengan baik.

“Olehnya, sangat penting meningkatkan hal-hal didapatkan para ketua RT dan RW, termasuk insentif yang diterima setiap bulannya, sehingga peningkatan kerja dapat dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Selain itu, Wali Kota Hadianto akan kembali menggiatkan kunjungan ke kelurahan-kelurahan setiap Sabtu dan Ahad pekan berjalan.

“Saya berharap setiap kunjungan saya di kelurahan, para ketua RT dan RW hadir. Supaya kita tahu program apa saja yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu di wilayah kelurahan masing-masing,” harapnya.

Sebagai tambahan, pertemuan bersama Ketua RT dan RW itu merupakan kegiatan rutin dilaksanakan untuk menyamakan pandangan terkait dengan fokus kerja .

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Camat Palu Selatan, Goenawan dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkot Palu.HGA