RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka didampingi para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda setempat, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) untuk pertama kali ke fasilitas produksi Central Processing Plant (CPP) Senoro, di Desa Paisubololi, Kecamatan Batui Selatan, Kamis (26/1/2023).

Saat Kunker ke CPP Sinoro, Bupati Banggai bersama rombongan disambut baik oleh Kepala SKK Migas Kalsul, Azhari Idris, General Manager Zona 13, Benny Sidik bersama Field Senior Manager JOB Tomori, Abidzar Akman bersama jajaran management field Senoro.

Kunjungan tersebut, dilanjutkan ke CPP DMF di Desa Nonong, Kecamatan Batui di gedung demo room, sekaligus pemaparan materi tentang profil singkat JOB Tomori sejak awal beroperasi di Kabupaten Banggai sampai dengan saat ini. 

Dalam paparannya, GM JOB Tomori, Benny Sidik menyampaikan, berdasarkan data pekerja di lingkungan CPP Senoro, dari pekerja JOB Tomori dan perusahaan mitra kerja tercatat hampir 70 persen merupakan pekerja lokal dari Kabupaten Banggai. Dari aspek keselamatan kerja, selama masa produksi dari tahun 2015 sampai dengan saat ini belum pernah ada kecelakaan kerja yang berakibat fatal di lingkungan JOB Tomori.

“Saya berpesan bahwa dalam waktu satu jam kedepan atau besok, minggu depan, bulan depan bahkan tahun depan tidak ada yang bisa menjamin kecelakaan kerja tidak terjadi. Jadi kepada seluruh pekerja mulai dari level tertinggi sampai terendah untuk selalu patuh, peduli dan intervensi terhadap perilaku safety, demi keselamatan bersama di lingkungan kerja,” pesan Benny.

Sementara, Bupati Banggai dalam arahannya menyampaikan, tujuan dari kunker ini sebagai upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai dalam menjalin silaturahmi dan dukungan kepada industri hulu migas agar berjalan lancar, sebab dimasa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Banggai saat ini, berhasil memaksimalkan penerimaan daerah dari DBH Migas yang cukup besar hingga ratusan miliar yang akan dipergunakan untuk pembangunan kemasyarakatan.

“Saya mengapresiasi atas komitmen JOB Tomori dalam memberdayakan pekerja lokal dan juga merasa bangga karena serapan tenaga kerja dari Kabupaten Banggai cukup besar. Saya salut atas QHSE JOB Tomori yang mencatat tidak pernah ada kecelakaan kerja yang berakibat fatal dan JOB Tomori merupakan tempat yang aman untuk bekerja, sehingga tersebut harus dipertahankan,” kata Bupati.

Bupati Banggai berharap, dengan adanya penambangan sumur migas baru akan mendatangkan yang nantinya akan menaikkan produksi migas, sehingga penerimaan DBH semakin meningkat lagi. “Sudah banyak industri akan masuk di daerah ini, diharapkan adanya penambahan produksi migas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Termasuk pihak telah berkomitmen dengan pemerintah bahwa dalam waktu 9 bulan kedepan akan segera beroperasi, sehingga industri yang membutuhkan tenaga listrik akan ikut berkembang di daerah ini,” jelas Bupati. */MAN