SULTENG RAYA – PT Asuransi Jiwa IFG atau menjalin kerja sama strategis dengan PT Tbk (Persero), PT Mitra Indonesia (Yokke), dan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) untuk memperkuat dan memperluas penetrasi produk dan jasa layanan di tengah-tengah masyarakat.

Pada 17 Januari lalu, Direktur Utama IFG Life Harjanto Tanuwidjaja dan SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Thomas Wahyudi menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kolaborasi Kerja Sama Strategis Produk dan Layanan.

Thomas menjelaskan, inisiatif kerjasama ini merupakan realisasi visi Bank Mandiri untuk menjadi mitra keuangan andalan yang berbasis pada keunggulan layanan perbankan. 

“Melalui inisiatif kerjasama ini kami berharap nasabah Asuransi IFG Life dan Bank Mandiri dapat dengan mudah melakukan kewajiban pembayaran. Sekaligus menjadi solusi transaksi keuangan bagi nasabah yang dapat berkontribusi pada peningkatan keuangan Indonesia,” ungkap Thomas di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Lebih lanjut, dalam kesepakatan tersebut Harjanto menyebutkan bahwa dalam aktivitas bisnis yang dijalankan oleh IFG Life memerlukan jasa perbankan yang dapat mendukung kemudahan dalam memberikan layanan pembayaran secara elektronik. Terlebih, pihaknya melihat bahwa kebutuhan untuk melakukan transaksi keuangan dan pembayaran secara digital ke depan akan semakin luas. 

“IFG Life menyambut baik kerja sama dengan Bank Mandiri. Kami berharap ini merupakan langkah awal yang baik untuk semakin meningkatkan layanan IFG Life kepada masyarakat sehingga kepuasan akan layanan yang kami berikan juga dapat meningkat,” ujarnya disela-sela penandatangan kerja sama.

Sementara itu, Nota Kesepahaman antara IFG Life dan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) berisikan mengenai pemanfaatan peluang bisnis dan penggunaan jasa masing-masing pihak yang akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat. Dalam kesempatan tersebut hadir langsung Direktur Utama LinkAja, Yogi Rizkian Bahar.

“Kerja sama strategis ini merupakan wujud komitmen LinkAja untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui kerja sama dengan berbagai mitra, terutama kolaborasi dengan perusahaan . LinkAja telah melakukan ke ratusan ribu warung pulsa di ekosistem tradisional , digitalisasi rantai pasok jaringan PT Semen Indonesia (SIG) dan juga digitalisasi ke mitra strategis lainnya. Kini, LinkAja juga melakukan digitalisasi metode pembayaran pada mobile application Life by IFG. Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat mengakselerasi upaya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan serta semakin mendorong penggunaan layanan keuangan digital sebagai solusi bertransaksi dalam ekosistem IFG Life.” ungkap Yogi.

Ruang lingkup kerja sama tersebut berisikan kesepahaman mengenai pemanfaatan platform LinkAja sebagai metode pembayaran atas transaksi produk di mobile application Life by IFG, juga  aktivitas pemasaran dan campaign IFG Life, payment channel, reward dan loyalty program, penyaluran produk Payment Point Online Banking (PPOB),  serta ruang untuk kemungkinan kerja sama lainnya. 

Masih dalam hari dan tempat yang sama, yaitu di Kantor Pusat IFG Life, Graha CIMB Niaga Lt. 6 Jl. Jend. Sudirman Kav. 58, Jakarta Selatan, IFG Life bersama dengan Yokke menjalin kerja sama strategis produk dan layanan pembayaran dalam suatu Nota Kesepahaman.

Adapun kerja sama yang dijalin meliputi kerja sama penerimaan pembayaran, transaksi, dan sarana pengelolaan keuangan IFG Life melalui payment gateway Yokke. Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Iskak Hendrawan dari IFG Life serta ditandatangani pula oleh Niniek Rahadja selaku Direktur Utama Yokke dan Brian G Exel Sompie selaku SEVP Digital & Strategy Development Yokke.

Yokke memberikan berbagai pilihan pembayaran digital yang lengkap bagi seluruh nasabah IFG Life. Fitur recurring transaction atau pembayaran rutin yang berulang (dengan nominal yang sama) dengan pilihan metode pembayaran kartu debit, kartu dan dompet elektronik (e-wallet) memberikan kemudahan bagi nasabah IFG Life untuk membayarkan premi.

Nasabah cukup melakukan satu kali proses registrasi dan selanjutnya proses pembayaran akan dilakukan otomatis sesuai dengan jumlah nominal premi. Hal ini sejalan dengan prinsip Yokke yang selalu mengedepankan keamanan dan juga kemudahan serta kenyamanan dalam bertransaksi terang Niniek Rahardja dalam acara penandatanganan kerja sama. RHT