RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banggai, Suprapto, meresmikan gedung ruang bersalin Poned dan penyerahan mobil ambulance dan penandatanganan prasasti ruang bersalin Poned 11 Puskesmas se-Kabupaten Banggai yang diselenggarakqn oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Banggai di Puskesmas Toili 1 Kecamatan Moilong, Kamis (26/1/2023).

Ke-11 Puskesmas tersebut diantaranya, Puskesmas Toili 1, Puskesmas Toili II, Puskesmas Toili III, Puskesmas Kampung Baru, Puskesmas Kintom, Puskesmas Tangeban, Puskesmas Hunduhon, Puskesmas Bualemo, Puskesmas Balantak, Puskesmas Bunta dan Puskesmas Pagimana.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai mengucapkan, Alhamdulilah pembagunan ruang bersalin ini selesai tepat waktu sehingga tidak ada DAK yang kemudian diambil lagi oleh pusat. “Terima kasih atas selesainya bangunan ini, marilah kita manfaatkan bangunan ini dengan sebaik-baiknya. Kepada seluruh masing-masing Puskesmas betul-betul bisa dan mau menjadi indikator pelayanan kesehatan yang yang ada di Kabupaten Banggai ini. Kami tidak akan pernah berhenti meminta bantuan kedepannya, karena masih banyak puskesmas-puskesmas yang membutuhkan Ambulance dering dan itu tidak hanya berlaku di Toili dan Moilong tapi berlaku untuk seluruh Kecamatan se-Kabupaten Banggai dan ini tidak akan pernah kita sia-siakan, kita akan selalu manfaatkan dan gunakan dengan sebaik-baiknya bantuan Ambulance ini,” kata Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas dan seluruh tim yang telah memberikan bantuan Ambulans Dering ini. “Mudah-mudahan kita dapat memanfaatkannya untuk masyarakat Kabupaten Banggai, dan selanjutnya untuk semua kegiatan Migas ini JOB Tomori dan Matindok, Pemeriintah Daerah dan masyarakat akan selalu tetap mendukung penuh kegiatan-kegiatan migas di daerah ini. Alhamdulillah di tahun 2022, DBH kita sangat besar ratusan miliar yang kita dapatkan, untuk itu dengan dana DBH yang ada dapat kita gunakan dan manfaatkan untuk masyarakat semuanya,” jelasnya.

“Migas yang ada di daerah kita ini tidak akan seterusnya beroperasi karena ada punya batas waktu, sehingga DBH yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan masyarakat, , peternakan, sarana prasarana jalan jembatan dan sebagainya,” tambah Bupati.

Kegiatan itu, dilanjutkan dengan pengguntingan pita bangunan baru ruang bersalin Poned oleh Bupati Banggai pertanda telah diresmikannya dan siap untuk digunakan dalam rangka pelayanan kesehatan masyarakat. */MAN