RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Peringatan Hari Bhakti ke-73 Tahun 2023 yang dilaksanakan di halaman kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai di kompleks perkantoran Bukit Halimun Luwuk, Kamis (27/1/2023).
Wabup Banggai yang membacakan sambutan tertulis Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia RI, Yosana H. Laoly mengatakan, Direktorat Jenderal Imigrasi merayakan hari jadinya ke-73 tahun, menunjukkan bahwa Imigrasi telah berhasil melalui berbagai zaman dengan tantangannya masing-masing dan masih tetap hadir menjaga kedaulatan negara. Namun, keberhasilan yang telah dicapai masih terus memerlukan berbagai penyesuaian seiring dengan perkembangan zaman dan situasi global.
“Menteri Hukum dan Republik Indonesia memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas berbagai capaian yang telah membawa Direktorat Jenderal Imigrasi menjadi lebih baik. Berbagai inovasi dan yang telah dihasilkan baik itu berupa fasilitas pelayanan masyarakat, kegiatan penegakan hukum, serta fasilitator pembangunan telah memberikan citra positif Direktorat Jenderal Imigrasi di mata masyarakat,” terang Wabup mengakhiri sambutan Yosana H. Laoly.
Sementara, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II Non-TPI Banggai, Wijaya Adibrata mengatakan, Hari Bhakti Imigrasi diperingati untuk mengenang panjang perjalanan pembentukan lembaga keimigrasian di Indonesia, yang pada tanggal 26 Januari 1950 diserahterimakan Pemerintah Hindia Belanda kepada Pemerintah Indonesia.
“Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 diantaranya adalah Imigrasi Berbakti Membersihkan Rumah Ibadah, Pelayanan Paspor Simpatik, Eazy Passport, Donor Darah, Kampanye Go Green Imigrasi Banggai dan Bakti Imigrasi,” tutur Wijaya.
Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 yang mengusung tema, Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju itu dihadiri Dandim 1308/LB, Wakapolres Banggai, Kajari Banggai, perwakilan dari Pos AL Luwuk, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai serta sejumlah pejabat di lingkup Kementerian Hukum dan di Kabupaten Banggai. */MAN