SULTENG RAYA – Grand Filano Hybrid-Connected mengajak kamu untuk step up ke level lifestyle yang lebih tinggi melalui keunggulan desain mewah, teknologi terbaru dan fitur canggih yang semakin berkelas.

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected hadir dalam dua kategori dengan tampilan warna yang berbeda, yaitu LUX dan NEO. Untuk tipe LUX version hadir dengan pilihan warna yaitu LUX White Pearl dan LUX Matte Blue. Sedangkan, untuk tipe NEO version hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam yaitu NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black.

Yamaha Filano 125 Hybrid Connected 2023 ini menggunakan mesin yang basisnya mirip dengan mesin Fazzio. Mesin 125 cc dengan pendingin air-forced cooler berkonfigurasi satu silinder, SOHC, 4 tak, dan 2 katup dengan teknologi Blue Core yang dipadukan teknologi Mild Hybrid. Mesin ini diklaim dapat menghasilkan power maksimum on-crank 6,1 kW atau setara dengan 8,3 PS pada 6.500 rpm. Sementara, untuk torsi maksimum mencapai 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Untuk baterai bertugas memberikan supply listrik dan menyimpan listrik. SMG atau Smart Generator nanti merupakan tempat/parts di mana assist listrik diberikan, sedangkan SGCU merupakan pusat pengendalian kapan assist diberikan, kapan assist nggak diberikan, dan kapan baterai di re-charge. Saat tidak dibutuhkan baterai dari motor di-charge listriknya oleh sistem SMG tersebut. Dan saat dibutuhkan untuk start dan berakselerasi, maka skutik Yamaha Filano 125 Connected yang sumber tenaga utamanya tetap dari mesin bakar (ICE) akan memperoleh ‘tambahan power dan torsi' dari ‘suntikan‘ tenaga listrik yang disalurkan dari baterai.

Yamaha Grand Filano 125 ini memiliki sistem start-stop system yang lebih advance sob. Sistem start stop generasi ke dua yang memiliki 2 mode normal atau jalan padat, sistem akan secara otomatis menghentikan mesin saat berhenti dan restart saat berakselerasi untuk menghemat bahan bakar (dalam kondisi pengujian WMTC). Dengan mild hybrid, Yamaha Filano 125 bisa diajak irit sampai 60,24 km per liter.

Mesin Yamaha Grand Filano 125 dibenamkan di sasisnya jenis underbone yang dikombinasikan dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang tunggal. Mengenai pengereman, menggunakan rem cakram untuk depan dan rem tromol pada bagian belakang dengan menghadirkan sistem ABS pada tipe tertingginya dengan ukuran roda depan dan belakang dibuat mirip dengan Yamaha Fazzio yang 110/70-12.

Diposisikan di atas Fazzio, namun memiliki kesamaan diferensiasi bila dibandingkan skutik lain di sisi kepraktisan bagi pengendaranya berupa lubang tangki bahan bakar yang diletakkan di bagian depan bawah setang sebelah kiri. Hal ini tentunya akan membuat lebih mudah untuk melakukan pengisian bahan bakar karena tidak usah repot-repot membuka jok belakang.

Ini juga akan membuat bagasi bawah jok menjadi sangat luas karena tangki BBM pindah ke bawah dek. Kapasitas bagasi luas banget dan diklaim mencapai 27 liter, sanggup memuat dua buah helm dan diberikan semacam LED buat penerang dari kompartemen bagasi ini. Joknya sendiri memiliki desain yang dihaluskan untuk meningkatkan estetika dan membantu pengendara menjadi lebih nyaman. Sudut jok penumpang disesuaikan lebih tinggi dari posisi duduk pengendara. Fitur Grand Filano 125 Connected yang juga canggih adalah pada bagian panelmeter dashboard. Panelmeter yang digunakan untuk model 2023 menggunakan kombinasi dua cluster antara LCD dengan negative display dengan layar TFT plus indikator tangki bahan bakar yang menggunakan model jarum analog pada layarnya.

Yamaha Grand Filano 125 juga dibenamkan teknologi konektifitas dengan ponsel (Y-Connect) dimana dengan fitur ini pengendara dapat memantau email, panggilan, pesan (SMS), rekomendasi servis dan oli, konsumsi bahan bakar, lokasi parkir, putaran mesin, dan juga fitur pelacakan jarak perjalanan. Juga dibenamkan teknologi konektifitas dengan ponsel (Y-Connect) dimana dengan fitur ini pengendara dapat memantau email, panggilan, pesan (SMS), rekomendasi servis dan oli, konsumsi bahan bakar, lokasi parkir, putaran mesin, dan juga fitur pelacakan trip perjalanan.

Mungkin sobat yang sudah menunggu-nunggu, silakan datengin dealer Yamaha terdekat di kota kalian. Digocek harga sama Yamaha nih. */HJ