RAYA-Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Bersama Bupati Banggai Ir. Amir Tomoreka, Ketua DPRD Kabupaten Banggai didampingi Stap Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, M, Si., Kepala Dinas Pendidikan Yudiawati Vidiani,  meresmikan gedung baru SMKN 2 Toili Barat,  Jumat 13 Januari 2023.

Pada kesempatan itu gubernur didampingi Kepala N 2 Toili Barat ,Marlince Aite ,S,Pd. menyampaikan ucapan terimakasi kepada gubernur, bersama Bupati Banggai, Kepala Dinas Pendidikan atas Kesempatan datang untuk memberikan batuan melalui DAK Tahun 2023 sebanyak 5 bangunan dengan Anggaran Rp2,7M .

“Terimakasih kepada fasilitator yang mendapingi dan mensuppor sehingga pembangunan gedung baru sesuai waktu. Dengan adanya gedung baru akan memberikan semangat bagi guru – guru dan staf untuk dapat meningkatkan kualitas keluaran anak-anak didik,”sebut kepsek.

Katanya, keberadaan SMKN 2 Toili Barat sebagai sekolah kejuruan Jurusan Tehnik  Geologi, Tehnik Pertambangan, dan Tehnik Perminyakan sangat dinantikan masyarakat.

Kepala Sekolah juga menyampaikan bahwa bupati banggai selama ini terus memberikan dorongan kepada peserta didiknya untuk bisa praktek magang di perusahaan pertambangan gas dan minyak, baik yang ada di Banggai dan di daerah lain sehingga peserta didiknya memiliki skil keluaran yang baik.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan rasa bangganya pada sekolah kejuruan ini, dan Kepada Dinas Pendidikan diminta agar dapat memperhatikan pembangunan kekurangan fasilitas pendukungnya karena sekolah ini merupakan sekolah kejuruan yang Link Mix dengan industri pertambangan dan perminyakan. 

“Saya gubernur sangat bangga dan bersyukur saat ini kita bisa meresmikan sekolah ini, karena sekolah ini kita persiapkan untuk mempersiapkan anak-anak didik kita siap kerja di dunia industri pertambangan,”ujar gubernur.

Gubernur lebih jauh menyampaikan dengan potensi yang ada di Kabupaten Banggai, daerah ini akan menjadi tempat pembangunan industri hijau, pembangunan beberapa Kawasan Industri Smelter, dan diharapkan kalaborasi antara pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten untuk terus mempersiapkan SDM guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja pada industri baru tersebut. ENG