RAYA – Kebakaran melanda enam rumah yang terletak di RT 001/ RW 003 Kelurahan Kabonga Besar, Kecamatan Banawa, Kabupaten , Kamis (12/1/2023) sekira pukul 18.25 Wita. Dari enam unit rumah yang terbakar, tiga unit hangus terbakar dan tiga unit hanya sebagian badan rumah yang terbakar.

Penyebab kebakaran diduga karena terjadinya korsleting listrik yang berasal dari salah satu rumah milik korban. “Saya mendengar adanya letusan yang berasal dari korsletin listrik di lampu yang berada di salah satu kamar, sehingga menyebabkan percikan api dan menimbulkan kebakaran, kemudian cepat merambat dikarenakan kamar tersebut mengunakan atap rumbia dan dinding teripleks menyebabkan api dengan mudah membesar dan membakar lima rumah di dekatnya,” tutur Nurjana.

Kata dia, pada pukul 18.40 Wita pemadam kebakaran Donggala tiba di tempat kejadian sebanyak dua unit dan empat unit mobil penyuplai air. “Pada pukul 21.15 Wita api telah padam dan lokasi kejadian telah di police line, dan situasi mulai aman dan kondusif,” katanya.

Adapun enam orang pemilik rumah yang mengalami kebakaran yaitu pertama Pasirudin (59), total kerugian uang tunai sebesar Rp3 juta, 1 unit Hp vivo, rumah beserta isinya, total kerugian kurang lebih Rp50 juta. Kedua, Munarni yang juga mengalami kerugian terbakar rumah besarta isinya dengan perkiraan kerugiaan sebesar Rp50 juta. Ketiga, Nurjannah (56), kerugian uang tunai Rp6 juta, perabotan rumah, kulkas 2 unit, rumah dan isinya serta barang dagangan, total kerugian sekitar Rp60 juta.

Selanjutnya yang keempat, Berti, kerugian uang tunai Rp2 juta, perabotan dapur, total kerugian ditaksir sebesar Rp15 juta. Kelima, Saiful, terbakar sebagian dinding rumah, kerugian ditaksir sebesar Rp5 juta dan keenam, Sonora, terbakar sebagian dinding rumah total kerugian sekitar Rp5 juta. */ADK