RAYA – Pelayanan publik di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) terganggu tiga hari terakhir.

Setelah ditelusuri, pemicunya lantaran kabel optik dirusak orang tidak dikenal (OTK). Akibatnya, jaringan putus di sejumlah kantor OPD.

Pasalnya, jaringan kabel optik yang dirusak menghubungkan layanan internet ke sejumlah OPD lingkup .

“Ini lantaran kabel optik jaringan internet menuju OPD sengaja di putus orang-tidak-dikenal,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) , Usman, Kamis (12/1/2023).

Hasil penelurusan, sejumlah titik jalur internet terputus di Jalan Sutomo dan Jalan Thamrin, tepatnya di pertigaan Jalan Thamrin dan Jalan Slamet Riyadi, serta Jalan Monginsidi dan Jalan Sulawesi, ujung SMPN 2 Palu.

“Kemudian satu titik di Perempatan Jalan Sutomo dan Jalan Suprapto – Jalan Sedap Malam. Kabel optik ada yang sabotase. Menyebabkan pelayanan publik di beberapa OPD, kantor camat hingga kantor kelurahan tidak bisa digunakan,” ungkapnya.

Diduga, pemutusan kabel optik jaringan internet tersebut terjadi sejak Senin, 9 Januari 2023. Namun, dampaknya baru ketahuan pada Selasa, 10 Januari 2023, karena sejumlah OPD mengaku tidak bisa mengakses internet.

“Tiga hari lalu, sejak hari Senin dan hari Selasa baru ketahuan karena kita pantau ada yang indikator merah,” sebutnya.

Saat ini, pihaknya menelusuri titk-titik kerusakan lain. Karena kemungkinan besar hal itu tidak cuma terjadi pada titik yang telah ditemukan.

“Kami akan coba telusuri lagi secepatnya, apakah masih ada yang terputus,” ucapnya.                            

Langkah awal, pihaknya juga segera melakukan perbaikan terhadap kerusakan itu mengingat pelayan publik menggunakan bandwidth ini terganggu.

“Karena ini untuk pelayanan publik. Dinas Kominfo dan penyedia jasa akan segera koordinasi untuk perbaikan. Mudah-mudahan satu pekan ke depan akan kita upayakan baik,” tuturnya. */HGA