RAYA – Cuaca ekstrim berupa hujan dan angin kencang melanda sejumlah lokasi di Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Hal ini pun secara langsung berimbas pada beberapa jaringan sehingga menyebabkan terhentinya pasokan listrik.

Wilayah yang cukup terdampak meliputi sebagian Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud dengan temuan pohon tumbang, jaringan roboh dan putus. Beberapa daerah pun terdampak dengan berfungsinya sistem proteksi yang diakibatkan sentuhan benda asing pada jaringan listrik

Menyikapi hal ini,  tim tanggap darurat yang tersebar di seluruh wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) bergerak cepat menindaklanjuti berbagai gangguan yang timbul dengan tetap menerapkan prosedur keselamatan kerja di lokasi.

General Manager , J.A Ari Dartomo (Rabu 11/1/23) menyampaikan bahwa petugas PLN sudah dipersiapkan bersiaga 24 jam untuk menghadapi berbagai situasi darurat termasuk di dalamnya penormalan listrik dalam situasi cuaca ekstrem.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan penuh kepada seluruh pelanggan dengan tetap memperhatikan keselamatan kerja setiap petugas PLN,” ujar Dartomo.

Hingga saat ini, pukul 13.30 WITA petugas di lapangan berupaya melakukan penormalan. Untuk wilayah Gorontalo dan Kotamobagu kondisi kelistrikan telah kembali pulih 100 persen.

“Seluruh petugas berupaya secepatnya melakukan perbaikan pada jaringan yang terdampak agar listrik bisa segera pulih, saat ini wilayah yang masih terdampak terdapat di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro,” lanjut Dartomo.

PLN memohon maaf atas ketidaknyaman Pelanggan akibat terhentinya pasokan tenaga listrik dan terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik demi pelayanan untuk masyarakat.

Untuk kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja, masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore dan App Store.*/HJ