RAYA – Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (), bergerak dalam bidang kelistrikan, PT (Persero) memiliki kewajiban menerapkan Good Corporate Governance (GCG) sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-01/MBU/2011 tentang Penerapan GCG untuk Pengelolaan Bisnis yang Bersih dan Optimal.

“Dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan, PLN harus memegang teguh prinsip GCG sebagai landasan, mulai dari hingga dewan dan seluruh pegawai harus memiliki integritas yang kuat dalam menjalani prinsip tersebut,” kata Komisaris Utama (Komut) PLN, Amien Sunaryadi, dalam kunjungan kerja di Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) pada (9/1/2023).

Pada kesempatan itu, Komut Amin mengapresiasi segala kontribusi diberikan pegawai, termasuk penerapan GCG, sehingga dalam dua tahun terakhir perusahaan terus meningkat.

“Keberhasilan kinerja perusahaan pada tahun sebelumnya tidak terlepas dari dukungan seluruh tim yang dinamis, kolaboratif dan unggul. Hal tersebut juga berkat penerapan GCG yang berjalan secara optimal dan harus tetap dipertahankan,” tambah Amin.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Suluttenggo, J A Ari Dartomo yang juga hadir dalam kunjungan tersebut, menyampaikan, saat ini sudah menerapkan GCG cukup baik dan akan terus ditingkatkan di setiap proses bisnis sebagai tindakan pencegahan, pengawasan, monitoring dan evaluasi berbagai aktifitas yang berpotensi melanggar integritas pegawai.

“Sesuai arahan, PLN Suluttenggo akan terus berupaya berkontribusi dalam peningkatan kinerja dengan tetap meningkatkan integritas pegawai dalam setiap kegiatan perseroan,” ujar Dartomo.

Tak hanya itu, kata dia, saat ini PLN Suluttenggo sudah bersertifikat SNI ISO 370001:2016 terkait Sistem Manajemen Anti Penyuapan yang menjadi bagian dalam penerapan GCG perusahaan.

“Arahan dan dukungan dari Komisaris Utama serta sinergi yang baik bersama seluruh stakeholder menjadi kunci prinsip integritas dalam penerapan GCG untuk terus dipegang tak hanya oleh segenap insan PLN namun juga mitra PLN,” pungkas Dartomo.

Lewat penerapan GCG, PLN juga berhasil memperbaiki sistem pelayanan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Sebagai solusi layanan masa kini yang cepat, mudah, dan menghindari masyarakat pelanggan dari potensi yang marak menyebar kini PLN Mobile telah diunduh oleh lebih dari 35 juta pelanggan.

PLN Mobile dapat diunduh secara gratis dari Play Store maupun App Store langsung dari Smart Phone pelanggan.  PLN Mobile Semua Makin Mudah./HJ