RAYA-Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota , Hardi turun melakukan monitoring atau pemantauan langsung kondisi sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMP.

Sejak pagi hingga siang hari kemarin, Rabu (11/1/2023) menyisir sejumlah sekolah, dari pemantauan langsung tersebut kadis menemukan sejumlah sekolah yang masih sangat membutuhkan sentuhan dan perhatian yang serius dari pemerintah.

Seperti misalnya SMPN 22 Palu, kadis menemukan plafon sekolah itu sudah banyak yang tidak layak dan harus segera diperbaiki, begitu juga sekolah lain yang ditemui banyak pintunya yang sudah mau lepas akibat termakan usia, begitu juga kondisi WC dan sebagainya.

Kata kadis, sebenarnya jika itu hanya rehap kecil bisa ditangani oleh sekolah sendiri melalui dana bos, namun jika sudah kondisi parah dan membutuhkan penganggaran yang besar sekolah dipastikan sangat kesulitan.

Apalagi, rata-rata sekolah itu adalah sekolah kecil, sehingga dana bosnya sangat terbatas, jika digunakan untuk melakukan perbaikan dipastikan ada pos lain yang terganggu.

“Untuk itulah kami meminta kepada teman-teman kepala sekolah, tolong diinformasikan kepada kami jika ada kondisi seperti itu, bisa dalam bentuk proposal agar kami bisa ajukan ke Wali ,”ujar Kadis.

Lebih lanjut kadis mengatakan, hasil monitoring itu akan dicatat dan dilaporkan ke Wali Kota Palu, bahwa beginilah kondisi sekolah yang ada di Kota Palu, sehingga Pemerintah Kota Palu bisa memberikan bantuan sesuai kebutuhan sekolah masing-masing. ENG