RAYA – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum () Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Christian Adiputra Oruwo, menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi 95 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Turut hadir dua narasumber lainnya, Dr. Kasman Jaya dan Moh. Irfan.

Bimtek yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum () Poso itu, berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 4-6 Januari 2022. Para anggota PPK itu langsung mengikuti bimtek setelah dilantik.

Christian Adiputra selaku Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa menjelaskan, kesatuan sistem penyelenggaraan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 yang terdiri dari KPU, Bawaslu, serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Terlebih dahulu saya mengucapkan selamat kepada bapak ibu anggota PPK yang baru saja dilantik. Kalian adalah orang-orang pilihan dan sehingga bisa duduk dalam ruangan ini. Bisa saja banyak yang kecewa terhadap proses seleksi, tapi tidak perlu kecewa cukup bekerja dengan baik dan buktikan jika kalian yang terbaik,” kata Christian.

Lebih lanjut Christian menjelaskan, dimensi kewenangan, dimana Bawaslu dapat melakukan pencegahan, pengawasan serta penindakan terhadap pelanggaran-pelanggaran pemilu, meliputi pelanggaran administrasi, kode etik dan . Subjek pengawasannya yaitu penyelenggara, ASN, TNI, , pejabat negara, pemerintah desa. Tidak saja fokus pada pengawasan netralitas ASN, Bawaslu juga mengawasi tempat-tempat yang tidak boleh dilakukan aktivitas politik seperti kantor pemerintahan, sekolah, fasilitas milik pemerintah, rumah ibadah serta kendaraan dinas.

“Jadi tugas tugas penyelenggara Pemilu itu cukup berat. Khusus Bawaslu tentunya melakukan pengawasan, pencegahan serta penindakan terhadap pelanggaran-pelanggaran Pemilu, sementara KPU bertugas melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu,” ujar Christian.

Diakhir materinya, Christian menegaskan, kualitas penyelenggara itu dimulai dari kualitas seleksinya. Ia menilai, seleksi di KPU Kabupaten Poso selama ini sudah baik, sehingga diharapkan dalam para anggota PPK yang terpilih dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Ia juga berharap, anggota PPK bisa melakukan koordinasi secara intensif kepada semua pihak, baik sesama penyelenggara dan pihak terkait lainnya seperti TNI, Polri serta stakeholder lainnya. Diketahui, Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman Malik juga hadir dalam pembukaan bimtek tersebut, serta sejumlah komisioner KPU Poso lainnya. SYM