RAYA – Kabupaten Parigi Moutong () siap menjadi tuan rumah Pra Kualifikasi Pekan OIahraga Nasional (PON) ke-XXI untuk cabang olahraga bola voli.

Kesiapan itu disampaikan oleh Bupati Parmout, Samsurizal Tombolotutu kepada Sulteng Raya baru-baru ini. Samsurizal mengatakan, Pemda Parmout selalu siap jika ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan olahraga baik level daerah, regional, nasional maupun level internasional sehingga akan siap jika ditunjuk sebagai pelaksana Pra PON cabang bola voli.

“Kita memiliki GOR (Gedung Olahraga) yang representatif yang proses pembangunannya memasuki tahap akhir. Insyah Allah dalam waktu dekat pembangunan GOR tersebut akan rampung sehingga dapat digunakan untuk pelaksanaan Pra PON bola voli,” ujar Samsurizal.

Samsurizal yang dijuluki sebagai Bapak Olahraga Kabupaten Parmout itu menambahkan, pada bulan Januari 2023 ini tim dari Pusat akan mengunjungi Kabupaten Parmout untuk meninjau langsung kesiapan Kabupaten Parmout sebagai penyelenggara Pra PON bola voli terutama meninjau GOR Jono Kalora.

“Insyah Allah pada bulan ini tim dari KONI Pusat yang dipimpin wakil ketua umum KONI Pusat akan datang kesini untuk meninjau kesiapan kita sebagai tuan rumah termasuk meninjau GOR di Jono Kalora,” jelasnya.

Samsurizal juga mengungkapkan, Pemda Parmout sudah berpengalaman melaksanakan kegiatan-kegiatan level nasional, sehingga jika ditunjuk sebagai tuan rumah Pra PON bola voli tidak menjadi masalah.

Jika ditunjuk sebagai tuan rumah Pra PON bola voli, maka Kabupaten Parmout akan menjadi tuan rumah Pra PON untuk dua cabang olahraga yakni bola voli dan lari marathon 10 kilometer yang akan dilaksanakan di Kecamatan Tinombo Selatan.

Diketahui, wacana menjadikan Kabupaten Parmout sebagai tuan rumah Pra PON bola voli pertama kalinya disampaikan oleh Ketua Umum KONI Parmout, Faisan Badja Ketika mendampingi atlet Parmout pada kegiatan Porprov di Kabupaten Banggai baru-baru ini. Ketika itu Faisan bertemu dengan salah satu pengurus PBVSI Pusat yang memantau pelaksanaan pertandingan cabang olahraga bola voli pasir. Saat itulah Faisan mengusulkan agar Parmout dijadikan sebagai tuan rumah Pra PON bola voli. Bahkan, ketika bertemu dengan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, Faisan Kembali mengungkapkan harapannya untuk menjadikan Parmout sebagai tuan rumah Pra PON boa voli.

Mendengar hal itu, Ketua Umum KONI Pusat memberi respon yang sangat positif. Dukungan untuk Kabupaten Parmout menjadi tuan rumah Pra PON bola voli juga disampaikan oleh Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura saat menghadiri Porprov di Luwuk. Bahkan ketika itu, Gubernur Rusdy Mastura langsung meminta Ketua Umum , untuk membantu proses pengusulan Kabupaten Parmout sebagai tuan rumah Pra PON. AJI